[SALAH] Kader PDIP Ngamuk, Serukan Perang di Istana

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Konten yang dimanipulasi. Gambar pratinjau dan narasi yang dibacakan dalam video tidak memiliki kaitan dengan klaim aksi kader PDIP di Istana Negara.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1700560525.908341/index.html (Youtube)

=====

[NARASI]: “DIGRUDUK RIBUAN MASSA HINGGA BERHANCURAN, SITUASI ISTANA KINI BENAR-BENAR RUNYAM !!”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube REDAKSI TV mengunggah video dengan klaim ribuan kader PDIP ngamuk dan serukan perang di Istana. Klaim ini didukung dengan gambar pratinjau yang menampilkan aksi demonstrasi yang dilakukan sekelompok masyarakat berbendera Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Dalam gambar juga disebutkan bahwa keluarga Presiden Joko Widodo panas dingin menghadapi aksi tersebut.

Namun setelah menonton keseluruhan video, tidak ada informasi valid yang mendukung klaim yang beredar. Narator dalam video hanya membacakan ulang artikel milik Tribun Kaltim dengan judul “3 ‘Senjata’ PDIP untuk ‘Serang’ Jokowi dan Keluarga, Ungkit Soal Pembangkangan Hingga Kesedihan.”

Dalam artikel yang diunggah pada 31 Oktober 2023 tersebut menjelaskan tiga isu yang dilontarkan PDIP usai pencalonan putra sulung presiden, Gibran Rakabuming Raka, menjadi calon wakil presiden yang akan mendampingi Prabowo Subianto. Ketiga isu tersebut adalah PDIP yang ditinggalkan Jokowi, presiden tiga periode, dan pembangkangan konstitusi.

Selain itu, gambar pratinjau yang ditampilkan adalah hasil manipulasi. Foto aslinya dapat dilihat pada laman The Times Of Sindh. Foto tersebut merupakan momen demonstrasi yang dilakukan warga Sri Lanka untuk menuntut mundurnya Presiden Gotabaya Rajapaksa. Demonstrasi ini dilakukan [ada 14 Juli 2022.

=====

[REFERENSI]:

– https://kaltim.tribunnews.com/2023/10/31/3-senjata-pdip-untuk-serang-jokowi-dan-keluarga-ungkit-soal-pembangkangan-hingga-kesedihan?page=all
– https://thetimesofsindh.com.pk/2022/07/14/sri-lankan-protest-locations-are-calm-as-the-presidents-resignation-is-awaited/