[SALAH] Gambar Tangkapan Layar Democrazy Berjudul “Megawati saya sudah Jelas masuk surga malaikat kenal sama bapak saya Soekarno”

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Gambar tangkapan layar Democrazy tersebut merupakan hasil suntingan. Faktanya, judul yang asli adalah “Megawati: Maaf Beribu Maaf Ini, Kenapa Ibu-Ibu Sekarang Kok Seneng Banget Ngikut Pengajian?”.

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi

= = = = =

SUMBER: Tiktok
https://archive.cob.web.id/archive/1700571160.001407/index.html

= = = = =

NARASI:
“Megawati saya sudah Jelas masuk surga malaikat kenal sama bapak saya Soekarno”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Tiktok kanjidxd memposting sebuah video yang didalamnya terdapat tangkapan layar artikel Democrazy berjudul “Megawati saya sudah Jelas masuk surga malaikat kenal sama bapak saya Soekarno”.

Setelah ditelusuri pada website Democrazy menggunakan keterangan tanggal pada tangkapan layar yaitu 18 Februari 2023. Ditemukan judul asli berjudul “Megawati: Maaf Beribu Maaf Ini, Kenapa Ibu-Ibu Sekarang Kok Seneng Banget Ngikut Pengajian?”. Jika dilihat terdapat kesamaan pada tanggal unggah serta gambar pada artikel. Terdapat perbedaan di judul artikel.

Dengan demikian gambar tangkapan layar Democrazy berjudul “Megawati saya sudah Jelas masuk surga malaikat kenal sama bapak saya Soekarno” merupakan hasil suntingan. Judul yang asli adalah “Megawati: Maaf Beribu Maaf Ini, Kenapa Ibu-Ibu Sekarang Kok Seneng Banget Ngikut Pengajian?”, sehingga masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

REFERENSI:
https://www.democrazy.id/2023/02/megawati-dalam-seminar-pencegahan-stunting-kenapa-ibu-ibu-seneng-banget-ngikut-pengajian.html