[SALAH] Tes Fisik Online Rekrutmen Karyawan PT KAI

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Konten tiruan. Semua informasi mengenai rekrutmen KAI sepenuhnya menggunakan website resmi dengan alamat recruitment.kai.id atau media sosial resmi perusahaan @keretaapikita atau @kai121_.

=====

[KATEGORI]: Konten Tiruan

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1700558781.257436/index.html (Twitter)

=====

[NARASI]:

“Work! Aku ngelamar jadi waiters di KAI tapi untuk proses perekrutan nya seperti ini apa bener? Aku agak gimana ya, tapi takutnya benerpun sayang kalo aku ga ambil:pensive:

(Narasi dalam gambar dilanjutkan setelah bagian referensi)

=====

[PENJELASAN]:

Akun Twitter WORKSFESS :bangbang: BACA LIKES :bangbang: (@worksfess) mengunggah cuitan berisi tangkapan layar pesan Whatsapp yang diklaim merupakan tahapan tes fisik online dalam rekrutmen karyawan PT KAI. Dalam pesan tersebut terdapat beberapa arahan untuk mengirimkan foto dengan pose tertentu sebagai syarat mengikuti rekrutmen. Pesan tersebut dikirimkan oleh pihak yang mengatasnakan PT KAI.

Akun resmi PT KAI menanggapi langsung dengan membalas cuitan tersebut. Panitia rekrutmen pegawai KAI Services tidak pernah meminta foto seperti itu untuk keperluan pengecekan fisik secara online.

Pada saat proses rekrutmen pegawai KAI Services secara on site juga tidak terdapat prosedur pengecekan seperti yang dimaksud, sehingga jika ada pihak yang mengatasnamakan KAI Services dan meminta data pribadi yang sifatnya sensitif. PT KAI memohon untuk tidak mengikuti instruksi yang diminta.

Melalui website resminya, KAI mengimbau bahwa semua informasi rekrutmen KAI sepenuhnya menggunakan website resmi dengan alamat recruitment.kai.id atau media sosial resmi perusahaan @keretaapikita atau @kai121_. Jika menemukan info rekrutmen yang tidak bersumber dari situs tersebut, agar masyarakat dapat mengabaikannya.

=====

[REFERENSI]:

– https://twitter.com/KAI121/status/1704519011684487511
– https://www.kai.id/information/full_news/5130-kai-imbau-masyarakat-waspadai-penipuan-berkedok-rekrutmen

=====

[Lanjutan Narasi]:

Narasi dalam gambar:

“Terkait cek fisik tersebut, memang biasanya dilakukan on site atau secara langsung ya. Namun dikarenakan untuk proses seleksi cek kesehatan awal untuk periode rekrutmen periode 13-14 September sudah dilakukan, maka untuk para kandidat cadangan dilakukan cek kesehatan awal secara online.
Untuk jadwal seleksi kesehatan akhir nantinya akan di lakukan di kantor PT.
RMU yang rencananya dijadwalkan
tanggal 25 – 27 September 2023

Berikutnya, guna pengecekan fisik lebih lanjut (pengecekan lipatan / bentuk tubuh) yang nantinya akan berkaitan dengan pengukuran seragam, silahkan kirimkan foto dengan hanya mengenakan pakaian dalam bra dan underwear, untuk ketentuan sbb :
1. Foto menghadap kamera tampak depan dengan posisi berdiri full body.
2. Foto tampak samping dengan posisi berdiri full body.
3. Foto tampak belakang dengan posisi berdiri full body.
4. Foto menghadap kamera tampak depan dengan posisi duduk.
5. Foto tampak samping dengan posisi duduk.
6. Foto tampak belakang dengan posisi duduk.”