[SALAH] Semua Poster Ganjar di Pematang Siantar Dicopot

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Pemerintah Kota Pematang Siantar memastikan Satpol PP hanya menertibkan atribut peserta Pemilu karena dilakukan sebelum masa kampanye berlangsung. Penertiban itu dilakukan tanpa pandang bulu ataupun intervensi dari pihak manapun.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=====

[SUMBER]: https://archive.ph/2ll9P (Twitter)

=====

[NARASI]: “Pie iki lur jare Negoro Demokrasi jebule kok ngene.
Poster Ganjar Pranowo Dicopoti semua. Lokasi : Pematang Siantar”

=====

[PENJELASAN]:

Akun Twitter Rumah Kita Lamongan (@RK_Lamongan) mengunggah cuitan dengan klaim bahwa telah terjadi pencopotan poster atau baliho capres Ganjar Pranowo dan cawapres Mahfud MD di Pematang Siantar, Sumatera Utara. Akun tersebut mempertanyakan penerapan demokrasi karena poster atau baliho tersebut dicopot.

Dalam cuitan tersebut juga melampirkan video yang menampilkan seorang petugas berseragam Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) mencopot poster bergambar Ganjar Pranowo dari tiang listrik.

Dikutip dari Kompas, Pemerintah Kota Pematang Siantar memastikan pencopotan baliho dilakukan oleh Satpol PP Kota Pematang Siantar. Satpol PP hanya menertibkan atribut peserta Pemilu karena dilakukan sebelum masa kampanye berlangsung. Penertiban itu dilakukan tanpa pandang bulu ataupun intervensi dari pihak manapun.

Penertiban dilakukan terutama di fasilitas umum yang berpotensi mengganggu estetika, kebersihan, dan keamanan. Ditambahkannya, kampanye Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden telah ditetapkan dimulai pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.

=====

[REFERENSI]:

– https://regional.kompas.com/read/2023/11/12/090000178/poster-poster-ganjar-dicopot-pemkot-pematang-siantar-beri-jawaban