[SALAH] Meminum Air Dingin Berdampak Buruk bagi Ginjal

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Meminum air dingin tidak berdampak buruk bagi kinerja ginjal. Ginjal memiliki kemampuan termoregulasi untuk menyesuaikan suhu air yang masuk ke tubuh. Suhu yang dingin pada air es tidak akan membahayakan ginjal selama dikonsumsi dalam batas yang wajar.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=====

[SUMBER]: Whatsapp

=====

[NARASI]:

“.Hub. Air Hangat dgn GinjaL.”

=====

[PENJELASAN]:

Sebuah pesan berantai dikirimkan melalui media sosial Whatsapp. Dalam pesan tersebut melampirkan video yang berisi klaim meminum air dingin dapat membahayakan kesehatan ginjal. Narator dalam video berdurasi 9 menit 6 detik tersebut mengatakan bahwa ginjal akan bekerja keras untuk menyamakan suhu air dingin yang diminum agar sesuai dengan suhu tubuh manusia. Selain berbahaya bagi ginjal, air dingin disebut juga akan menyebabkan serangan jantung dan gangguan hati.

Narator dalam video juga menyarankan untuk melakukan terapi minum air hangat. Ia mengatakan bahwa studi terapi air hangat ini disampaikan oleh dokter di Jepang. Namun ia tidak menyebutkan spesifik nama dokter yang dimaksud.

Setelah dilakukan penelusuran, klaim yang beredar adalah informasi yang menyesatkan. Klaim bahwa meminum air dingin bisa memperberat kinerja ginjal tidaklah benar. Dokter Muhammad Iqbal Ramadhan mengatakan bahwa kabar minum air dingin dapat merusak ginjal adalah mitos. Ia mengatakan bahwa tubuh memiliki kemampuan termoregulasi.

Termoregulasi adalah proses yang memungkinkan tubuh untuk mempertahankan suhu internal inti. Mekanisme termoregulasi ini dirancang untuk mengembalikan tubuh Anda pada keadaan homeostasis atau keseimbangan.

Hal ini juga dikonfirmasi oleh Ahli penyakit dalam di Junior Doctors Networks (JDN) Indonesia, Andi Khomeini Takdir. Andi mengatakan, minum es saat makan tidak akan merusak ginjal, asalkan es tersebut merupakan air putih biasa.

Suhu yang dingin pada air es tidak akan membahayakan ginjal selama dikonsumsi dalam batas yang wajar. Apabila air es tersebut dicampur dengan bahan tambahan lainnya, Andi bilang bahwa itulah yang berpotensi merusak ginjal.

=====

[REFERENSI]:

– https://www.instagram.com/p/CfdY9Anv_Im/?img_index=1
– https://www.kompas.tv/lifestyle/432926/benarkah-minum-es-saat-makan-bisa-bikin-ginjal-rusak-simak-penjelasan-ahli
– https://www.klikdokter.com/info-sehat/ginjal-saluran-kemih/minum-air-dingin-bikin-ginjal-rusak-benarkah