[SALAH] Jakarta Tenggelam Diterjang Tsunami

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Isi video tersebut hanya membahas dua artikel yang keduanya tidak memuat sebuah informasi yang membenarkan tentang kejadian tsunami yang menenggelamkan Jakarta.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://archive.cob.web.id/archive/1700676612.016748/index.html 

===========

[NARASI]: “LIVE; JAKARTA TENGGELAM TRAGIS… DETIK DAHSYATNYA TERJANGAN OMBAK TSUNAMI SEKETIKA JEBOL MUSNAH”

===========

[PENJELASAN]: Pada 21 November 2023 lalu muncul unggahan video di Youtube memberikan sebuah klaim pada judul jika Jakarta tenggelam akibat dari terjangan tsunami.

Video diawali dengan narator yang memaparkan potongan penjelasan dari seorang prakirawan bernama Deas Achmad Rivai mengenai pola angin di wilayah Indonesia utara dan selatan, penjelasan tersebut disampaikan pada 13 November 2023 di detik.com/jateng.

“Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari Selatan-Barat dengan kecepatan angin berkisar 4-15 knot. Sedangkan di wilayah Indonesia bagian Selatan umumnya bergerak dari Timur-Selatan dengan kecepatan 6-20 knot. Kecepatan angin terpantau di Perairan selatan Banten, Laut Bali, Perairan Manokwari, dan Perairan Biak”

Kemudian isi dari video tersebut dilanjutkan dengan membacakan ulang sebuah artikel yang diunggah pada 14 Desember 2022 lalu oleh jpnn.com dengan judul “Peringatan Dini, Gelombang Tinggi 6 Meter Berpotensi Melanda Wilayah Ini”.

Dalam artikel tersebut sendiri hanya menjelaskan jika BMKG memberikan informasi tentang peringatan dini potensi gelombang tinggi antara satu hingga enam meter di wilayah pesisir perairan Indonesia pada 14 sampai 15 Desember 2022. Bahkan tidak dijelaskan juga jika salah satu titik pesisir yang berpotensi terdapat gelombang air tinggi adalah Jakarta.

Dari dua artikel yang disampaikan tersebut, tidak ada satu kalimat yang membahas mengenai tenggelamnya Jakarta akibat dari tsunami.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.detik.com/jateng/berita/d-7033555/waspada-gelombang-tinggi-di-9-perairan-selatan-jawa-hari-ini-besok

https://www.jpnn.com/news/peringatan-dini-gelombang-tinggi-6-meter-berpotensi-melanda-wilayah-ini