[SALAH]: “AHY Dan Demokrat Kembali Usung Anies Di Pilpres 2024”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Faktanya, Partai Demokrat resmi masuk koalisi Indonesia maju dan mendukung Prabowo Subianto dengan Gibran Rakabuming Raka, menjadi capres dan cawapres pada pilpres 2024 nanti.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER]: YOUTUBE
https://archive.cob.web.id/archive/1700573399.908344/index.html

=====

[NARASI]:
Mengejutkan !! Akibat 2 kader viral ini Akhirnya ahy meresmikan solid usung Anies di 2024

=====

[PENJELASAN]:
Kanal Youtube GARUDA POLITIK memposting video berdurasi  8 menit dengan judul “Mengejutkan !! Akibat 2 kader viral ini Akhirnya ahy meresmikan solid usung Anies di 2024”.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi kredibel terkait klaim dalam narasi. Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu.

Thumbnail pada video tersebut identik dengan foto pada laman milik rmol.id dengan judul artikel “Punya Kekuatan SBY, Anies Baswedan Lebih Baik Pilih AHY Cawapres Ketimbang Andika Perkasa” yang diunggah pada 17 Oktober 2022.

Narator video hanya membacakan artikel di laman metrojambi.com yang berjudul “Caleg Partai Demokrat DPRD Provinsi Jambi Ini Tetap Pilih Jadi Ketua DPW Relawan Anies P-24 Jambi”.

Saat ini partai Demokrat resmi masuk koalisi Indonesia maju dan mendukung Prabowo Subianto dengan Gibran Rakabuming Raka, menjadi capres dan cawapres pada pilpres 2024 nanti.

Bedasarkan penjelasan di atas klaim tentang AHY dan Demokrat kembali usung Anies di pilpres 2024 adalah salah dan masuk kategori konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:
https://politik.rmol.id/read/2022/10/17/551045/punya-kekuatan-sby-anies-baswedan-lebih-baik-pilih-ahy-cawapres-ketimbang-andika-perkasa
https://www.metrojambi.com/politik/133004875/caleg-partai-demokrat-dprd-provinsi-jambi-ini-tetap-pilih-jadi-ketua-dpw-relawan-anies-p-24-jambi