[SALAH] Jokowi Lakukan Segala Cara untuk Menangkan Prabowo-Gibran

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video yang mengklaim bahwa Presiden Jokowi melakukan segala cara untuk memenangkan pasangan Prabowo-Gibran dalam Pilpres 2024 merupakan konten yang menyesatkan. Faktanya, judul dan thumbnail tersebut berbeda dengan isi dan narasi dalam video.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=======

[SUMBER]:

https://archive.cob.web.id/archive/1700451695.13257/index.html (YouTube)

=======

[NARASI]: “JOKOWI TURUN TANGAN LANGSUNG, SEGALA CARA DILAKUKAN UNTUK MENANGKAN PRBOWO GIBRAN”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube KABAR NEWS (@kabarnews672) pada 19 November 2023 mengunggah video yang mengklaim bahwa Presiden Joko Widodo telah turun tangan secara langsung dan melakukan segala cara untuk memenangkan pasangan calon nomor urut 2 dalam Pilpres 2024, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya narator dalam video hanya membaca ulang artikel milik CNN Indonesia berjudul “Pakar: Jokowi Turun Tangan, Prabowo-Gibran Bisa Menang Satu Putaran”.

Dalam artikel tersebut diberitakan bahwa Direktur Lingkar Madani untuk Indonesia, Ray Rangkuti, menilai pasangan Prabowo-Gibran bisa menang satu putaran apabila Presiden Jokowi ikut serta mendukung dan turun berkampanye. Ray melihat pasangan Prabowo-Gibran kini didukung oleh tiga kekuatan besar, yakni kekuatan Presiden Jokowi, dukungan partai politik besar, dan tingkat popularitas Prabowo yang cukup tinggi.

Sumber: CNN Indonesia

Di sisi lain, Presiden Jokowi telah menegaskan bahwa ia mendukung semua bakal calon presiden yang akan berlaga di Pilpres 2024 demi kepentingan bangsa.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube KABAR NEWS merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20231026132258-617-1016226/pakar-jokowi-turun-tangan-prabowo-gibran-bisa-menang-satu-putaran
https://nasional.kompas.com/read/2022/09/28/13283151/jokowi-kembali-janji-akan-tambah-bansos-jika-ada-kelebihan-apbn