[SALAH] Video “Kapal oleng di pelabuhan padangbae”

BUKAN di Padangbai, Kabupaten Karangasem, Bali. Kecelakaan Kapal Blue Lagoon Island di video itu terjadi di Kepulauan Bahamas atau negara Persemakmuran Bahama.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konteks yang Salah
===========================================

Akun Facebook Syaki Syaka (fb.com/ismiati.mia.90) pada 17 November 2023 mengunggah sebuah video yang menampilkan sebuah kapal laut dengan kondisi miring dan sebagian badan kapal sudah tenggelam pada kapal tersebut terdapat tulisan “BLUE LAGON ISLAND” dengan narasi:

“Kapal oleng di pelabuhan padangbae”

Sumber: https://archive.cob.web.id/archive/1700479847.325704/index.html (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video yang diklaim sebagai kecelakaan kapal di Padangbai, Kabupaten Karangasem, Bali merupakan klaim yang salah.

Faktanya, bukan Padangbai, Kabupaten Karangasem, Bali. Kecelakaan Kapal Blue Lagoon Island di video itu terjadi di Kepulauan Bahamas atau negara Persemakmuran Bahama.

Dilansir dari Detikcom, Kepolisian Daerah (Polda) Bali memastikan jika kecelakaan laut tersebut tidak terjadi di perairan Pulau Dewata.

“Dipastikan perihal video viral kecelakaan Kapal Blue Lagoon tersebut tidak terjadi di wilayah hukum Polda Bali,” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Bali Kombes Jansen Avitus Panjaitan melalui siaran pers kepada wartawan, Sabtu (18/11/2023).

Jansen mengatakan Kepolisian Resor (Polres) Karangasem telah melakukan pengecekan dan berkoordinasi dengan pihak Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Padangbai mengenai informasi tersebut. Hasil pengecekan dan koordinasi didapatkan jika tidak ada kapal yang bernama Blue Lagoon yang beroperasi di Pelabuhan Padangbai.

Selain itu, dilansir dari Liputan6, Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video kecelakaan kapal di Padangbai, dengan menangkap layar untuk dijadikan bahan penelusuran menggunakan Google Image. Penelusuran mengarah pada situs nbcnews.com yang memuat video identik dalam ulasan berjudul “74-year-old dead after boat transporting dozens begins to sink in the Bahamas” yang dimuat 16 November 2023. Dalam video yang diulas situs nbcnews.com terdapat cuplikan kapal yang identik dengan kliam.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.
“Cell phone video captured the terrifying moments for tourists in the Bahamas after a ferry boat began to sink with nearly 100 passengers on board, forcing some to jump into the water to survive. Authorities say a 74-year-old woman was pulled from the water and later pronounced dead. NBC News’ Morgan Chesky shares the latest.”

REFERENSI
https://www.detik.com/bali/berita/d-7043990/viral-video-kecelakaan-kapal-blue-lagoon-island-polda-bukan-di-bali
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5457940/cek-fakta-tidak-benar-dalam-video-ini-kecelakaan-kapal-di-padangbai
https://www.nbcnews.com/now/video/one-dead-after-boat-transporting-dozens-begins-to-sink-in-the-bahamas-197988421644

About Adi Syafitrah 1627 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo