[SALAH] “Israel Tawarkan Gencatan Senjata Selama 7 Jam”

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya justru pihak Israel tidak setuju dengan adanya gencatan senjata, setelah ditelusuri tidak ditemukan pemberitaan kredibel yang membenarkan kabar tersebut.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Instagram

https://ghostarchive.org/iarchive/instagram/liputan1000/3234543435814332945

= = =

Narasi:

“️DIDUGA KARENA BANYAK TENTARA IDF YANG TEW4S ISRAEL TAWARKAN GENCATAN SENJATA SELAMA 7 JAM. Tanpa ada angin dan hujan petir, Israel tiba-tiba tetapkan sepihak gencatan senjata 7 jam hari ini. Hal itu terjadi pasca serangan balik pejuang kemarin malam, di sekitar Rumah Sakit Shifa. Ketika pasukan IDF mencoba merangsek dan duduki RS. Serangan keras memukul Israel lahir bathin karena mereka terlena keberhasilan menyisir daerah pantai sehari sebelumnya. Namun rupanya memang sengaja dibiarkan agar IDF lengah dan terus masuk ke arah kota. Hasilnya bisa ditebak, pertempuran kegelapan membuat IDF tak berkutik dan menjadi bulan-bulanan, meski sudah dilengkapi berbagai sensor. Mereka sendiri yang memutus listrik, mereka malah jadi sasaran empuk. Bahkan ada yg tersesat & dikepung. Gencatan senjata 7 jam diyakini adalah upaya mereka untuk mengevakuasi mayat-mayat tentaranya, serta menyelamatkan yang terluka.”

= = =

Penjelasan:

Beredar kabar di Instagram yang menyebut bahwa Israel Defense Forces (IDF) menawarkan gencatan senjata selama 7 jam kepada Hamas, karena banyak tentara IDF yang tewas dalam peperangan di jalur Gaza tersebut.

Hasil penelusuran menunjukkan bahwa klaim tersebut salah, faktanya justru Israel menolak adanya gencatan senjata dalam peperangannya melawan kelompok Hamas di Gaza. “Tidak ada gencatan senjata, saya ulangi tidak ada gencatan senjata. Apa yang kami lakukan, jangka waktu empat jam itu, adalah jeda taktis dan lokal untuk bantuan kemanusiaan,” kata juru bicara militer Letnan Kolonel Richard Hecht, mengutip dari Reuters.com.

Hasil penelusuran melalui mesin pencarian tidak ditemukan sumber kredibel dan valid yang membenarkan Israel menawarkan gencatan senjata karena banyak tentara IDF yang tewas ataupun  mengenai pertempuran di tengah kegelapan yang membuat IDF tak berkutik dan dikepung.

Dengan demikian, Israel menawarkan gencatan senjata selama 7 jam adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.reuters.com/world/middle-east/israeli-military-no-ceasefire-gaza-just-brief-local-pauses-2023-11-09/

= = =