[SALAH] Gibran Mendapat Balasan Atas Kesombongannya

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video dengan klaim bahwa Gibran Rakabuming mendapat balasan atas kesombongannya merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya narator hanya membaca ulang artikel opini dari laman Seword.com.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=======

[SUMBER]:

https://archive.cob.web.id/archive/1700281585.748521/index.html (YouTube)

=======

[NARASI]: “SELAMAT JALAN MAS GIBRAN | AKIBAT KESOMBONGAN NYA GIBRAN BERAKHIR BEGINI – Breaking News”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube PILIHAN RAKYAT pada 14 November 2023 mengunggah video dengan klaim bahwa Gibran Rakabuming mendapat balasan atas kesombongannya. Perkataan Gibran yakni “Jangan takut Pak Prabowo, karena ada saya” dinilai sebagai sikap sombong yang menganggap bahwa dirinya adalah penentu kemenangan Prabowo dalam Pilpres 2024.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya tidak ditemukan informasi mengenai balasan atas kesombongan Gibran seperti yang tertulis pada judul unggahan. Selain itu, narator nyatanya juga hanya membaca ulang dua artikel opini dari laman Seword.com.

Pertama, artikel yang ditulis oleh Monang Siahaan berjudul “Gibran Rakabuming Merasa Sombong Yang Berkata Jangan Takut Prabowo Karena Ada Saya”. Dalam artikel tersebut, penulis beranggapan bahwa Gibran belum memiliki pengalaman kinerja terkait Pemilu dan hanya mengandalkan pengaruh Jokowi untuk memenangkan Pilpres 2024.

Sumber: seword.com

Kedua, artikel yang ditulis oleh Widodo S. P. berjudul “Kubu Prabowo-Gibran Mulai Cuek Ditanya Soal MK dan KTA, Mau Fokus Menangi Pilpres?”. Dalam artikel tersebut, penulis beranggapan bahwa terdapat kepentingan Jokowi dengan dipasangkannya Gibran bersama Prabowo.

Sumber: seword.com

Sebagai informasi tambahan, seword.com merupakan situs artikel bagi masyarakat luas yang ingin menulis opini-opini mereka, di mana opini sendiri bukanlah sebuah fakta. Namun jika di kemudian hari dapat dibuktikan kebenarannya, maka opini tersebut dapat berubah menjadi sebuah kenyataan atau fakta.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube PILIHAN RAKYAT merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://seword.com/politik/gibran-rakabuming-merasa-sombong-yang-berkata-1hAA2arevF
https://seword.com/politik/kubu-prabowo-gibran-mulai-cuek-ditanya-soal-mk-dan-wIlaSQkWvz