[SALAH] Cristiano Ronaldo Menangis Melihat Anak Palestina Korban Serangan Israel

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Fakta sebenarnya adalah dalam unggahan tersebut Ronaldo menangis dikarenakan mengenang mendiang ayahnya dalam wawancaranya bersama Piers Morgan pada 2019 lalu.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: Tiktok https://archive.cob.web.id/archive/1700317053.97107/index.html

===========

[NARASI]: “Ronaldo menangis melihat video ini. Seorang anak Palestina korban dari serangan Israel, anak ini masih pakai JERSEY CRISTIANO RONALDO, meskipun bajunya sudah compang camping di tubuhnya y sedang Terluka…”

===========

[PENJELASAN]: 

Sebuah postingan Tiktok yang diunggah 25 Oktober 2023 lalu memperlihatkan dua potongan video, yaitu video Ronaldo yang terlihat sedang menangis dan juga video seorang anak Palestina yang diduga korban selamat dari serangan Israel sedang mengenakan jersey tim sepak bola Al Nassr bernamakan punggung Ronaldo.

Dua potongan video tersebut dipertebal dengan sebuah narasi yang bertuliskan mengenai Ronaldo yang seakan sedang menangis karena menonton video anak Palestina yang sedang terluka akibat dari serangan Israel tersebut.

Namun setelah dilakukan pencarian sumber asli video Ronaldo tersebut, ditemukan hasil jika sumber asli video tersebut adalah dari wawancara Ronaldo dengan Piers Morgan pada 2019 lalu. Dalam wawancara tersebut terlihat Ronaldo yang menangis saat membahas tentang mendiang ayahnya.

Sehingga dapat disimpulkan jika Ronaldo menangis bukan karena sedang menonton video anak Palestina yang selamat dari serangan Israel mengenakan jersey Ronaldo yang sudah rusak.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.youtube.com/watch?v=pkhkEeP_yZs

https://www.thesun.co.uk/sport/9934746/cristiano-ronaldo-sobs-alcoholic-father-dad-superstar/

https://www.instagram.com/p/Cyl71-csXur/