[SALAH] Video “Ikut Langkah Mahfud MD !! Akhirnya Zulhas Gelar Kampanye Besar untuk Anies-Amin Menang di 2024”

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya PAN secara resmi sudah mendaftarkan sebagai partai koalisi pengusung pasangan calon presiden Prabowo dan Gibran, video Zulkifli Hasan tersebut diambil saat kampanye Calon Gubernur Gorontalo, Zainuddin Hasan, pada Pilgub Gorontalo 2017. Selain itu, Mahfud MD juga telah terdaftar sebagai Cawapres dengan Ganjar sebagai Capresnya. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

= = =

Sumber: YouTube

https://perma.cc/UY25-9EZN

= = =

Narasi:

“Ikut Langkah Mahfud MD !! Akhirnya Zulhas gelar kampanye besar untuk Anies-amin menang di 2024”

“Bandung membeludak… Ikut Jejak Mahfud MD. Hingga Zulhas Gelar Kampanye Besar untuk Anies-Amin Menang Pilpres 2024”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah video di YouTube yang diklaim Zulkifli Hasan, Ketua Umum PAN, gelar kampanye besar untuk memenangkan Pilpres 2024. Awal video menunjukkan judul berita bahwa pendiri PAN mendukung Anies pada Pilpres 2024, kemudian video disusul dengan Zulkifli Hasan berkampanye di hadapan banyak masyarakat. Thumbnail video tersebut juga terlihat Zulkifli Hasan, Anies Baswedan, Muhaimin Iskandar, Mahfud MD, serta beberapa kader PAN sedang foto bersama saat berkampanye.

Setelah ditelusuri klaim tersebut menyesatkan. Faktanya PAN secara resmi telah terdaftar  di KPU sebagai salah satu partai pengusung Prabowo dan Gibran pada Pilpres 2024. Selain itu. Mahfud MD juga sudah terdaftar sebagai Cawapres dari Ganjar Pranowo, sehingga jelas Mahfud MD berbeda koalisi dengan PAN.

Awal video menunjukkan berita dari Sindonews.com dengan judul “Pendiri PAN Ramai-ramai Dukung Anies Baswedan untuk Pilpres 2024” yang terbit pada 23 November 2022, namun setelah ditelusuri artikel berita tersebut tidak menunjukkan bukti bahwa PAN secara resmi mendeklarasikan dukungannya terhadap Anies Baswedan, hanya menyampaikan bahwa sejumlah pendiri bersama kader dan simpatisan dari partai PAN yang mendukungnya.

Kemudian video Zulkifli Hasan sedang berkampanye dipanggung di hadapan banyak masyarakat tersebut adalah momen pada saat kampanye Calon Gubernur Gorontalo Zainuddin Hasan pada Pilgub Gorontalo 2017. Tidak ada kaitannya dengan konteks Pilpres 2024.

Hasil penelusuran dengan reverse image search pada foto di thumbnail tersebut identik dengan foto di laman Media Indonesia dengan judul “Partai Amanat Nasional Birukan Kota Bandung”. Bukan Anies Baswedan, Muhaimin Iskandar, dan Mahfud MD yang foto bersama Zulkifli Hasan dan beberapa kader PAN dalam foto asli thumbnail tersebut, melainkan Erick Thohir, Rasyid Rajasa, dan Mochamad Iriawan.

Dengan demikian, PAN mengikuti Mahfud MD beralih mendukung Anies-Imin adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Dimanipulasi.

= = =

Referensi:

https://nasional.sindonews.com/read/949749/12/pendiri-pan-ramai-ramai-dukung-anies-baswedan-untuk-pilpres-2024-1669201895

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20231019065201-617-1013118/ganjar-mahfud-resmi-daftar-capres-dan-cawapres-di-kpu

https://news.republika.co.id/berita/s32ltc377/prabowo-dan-gibran-resmi-terdaftar-di-kpu-siap-bersaing-di-pilpres

https://www.youtube.com/watch?v=U1pKjCPE4GI

https://mediaindonesia.com/nusantara/559693/partai-amanat-nasional-birukan-kota-bandung

= = =