[SALAH] Prabowo Diam-diam Temui Megawati untuk Membahas Soal Gibran di PDIP

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya belum ada pemberitaan resmi yang membenarkan bahwa Prabowo akan bertemu dengan Ketua Umum PDI Perjuangan untuk membahas terkait pencalonan salah satu kadernya yang ditunjuk sebagai cawapresnya Prabowo yang berbeda koalisi dengan PDI Perjuangan. Foto Prabowo bersama Megawati pada thumbnail tersebut diambil saat 2019. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konteks yang Salah

= = =

Sumber: Facebook

https://ghostarchive.org/archive/RduEt

= = =

Narasi:

“Ada yang Tidak Beres…!! Diam-diam Prabowo Temui Mega Ini Mencurigakan.. Jangan-jangan…!!

Narasi dalam video:

“Prabowo akan temui Megawati membahas soal Gibran. Sebaiknya ditemuin atau ditolak nih. Wah, strategi apa lagi ini..”

= = =

Penjelasan:

Sebuah video di Facebook dengan thumbnail yang memperlihatkan pertemuan Prabowo dan Megawati, pertemuan tersebut diklaim bahwa Prabowo diam-diam menemui Megawati untuk membahas soal Gibran yang mana kader PDI Perjuangan menjadi Cawapres Prabowo yang mana kader dari partai yang tidak mengusungnya sebagai Capres.

Setelah ditelusuri klaim tersebut salah. Faktanya foto pertemuan Prabowo dan Megawati tersebut terjadi saat 2019 dalam konteks pemilu pada 2019. Pertemuan tersebut dinilai menyejukkan tensi politik yang memanas selama pemilu 2019.

Kendati demikian, Prabowo memang berencana akan menemui Megawati untuk membahas soal Gibran yang terpilih menjadi Cawapres untuk mendampingi Prabowo pada Pilpres 2024 mendatang, namun pertemuan tersebut belum terjadi. Diketahui Gibran masih berstatus sebagai kader dari PDI Perjuangan, sedangkan PDI Perjuangan tidak mengusung Prabowo sebagai presiden pada Pilpres 2019.

Dengan demikian, Prabowo diam-diam telah temui Megawati untuk membahas soal Gibran adalah tidak benar dengan kategori Konteks yang Salah.

= = =

Referensi:

https://gorontalo.antaranews.com/berita/82460/megawati-dan-prabowo-bincang-empat-mata-sambil-nikmati-kelapa-muda

https://nasional.kompas.com/read/2023/10/24/21233851/prabowo-mengaku-berulang-kali-ingin-bertemu-megawati-tetapi-tak-dapat

= = =