[SALAH] Video Megawati mengatakan merombak Pancasila

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Video Megawati mengatakan merombak Pancasila adalah hoaks lama yang kembali beredar. Faktanya, video tersebut merupakan potongan video, video asli Megawati sedang berpidato pada Kongres V PDIP 2019 di Bali dan berpesan untuk menghargai perjuangan pahlawan dengan tidak merombak dan mengganti Pancasila.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1697859081.601355/index.html

= = = = =

NARASI:
“Masih mau pilih Ganjar penyuka bokep…?
Pancasila akan mereka ubah. Yuk kompak tenggelamkan PDI-P.”

= = = = =
PENJELASAN:
Akun Facebook Jihad Sanusi memposting sebuah video pendek di grup INDONESIA BERSUARA. Dalam video tersebut nampak Megawati yang sedang berkata “Dengan ilmu baru itu tidak cocok, Pancasila itu apa, tidak ada artinya kita harus rombak, kita harus dirikan yang lain sifatnya.”. Lalu di akhir video terdapat seorang laki-laki yang menyuruh berpikir baik-baik jika mau memilih Ganjar dan PDIP dengan mempertimbangkan video Megawati tersebut. Dalam video tersebut terdapat narasi jika Ganjar menang Pancasila akan diganti Trisila.

Setelah ditelusuri video pidato tersebut merupakan hasil potongan. Berdasarkan video pada kanal Youtube METRO TV berjudul “(Full) Pidato Politik Megawati di Kongres V PDIP 2019 di Bali” yang diunggah pada 8 Agustus 2019, potongan video Facebook diambil pada menit ke 22 detik ke 05. Video tersebut merupakan video Ketua Umum PDIP Megawati yang sedang memberi pidato bahwa tidak boleh menyia-nyiakan perjuangan pahlawan dengan mencoba merombak dan mengganti pancasila.

Hoaks mengenai video Megawati berpidato anti pancasila merupakan hoaks lama yang kembali beredar. Berdasarkan artikel berjudul “[SALAH] Video Megawati Pidato Anti Pancasila”l pada turnbackhoax.id, hoaks tersebut muncul pada Juli 2023. Bukan hanya di 2023 hoaks tersebut juga sudah muncul di bulan Oktober 2021.

Dengan demikian video Megawati mengatakan merombak Pancasila adalah hoaks lama yang kembali beredar. Video tersebut merupakan potongan video, video asli Megawati sedang berpidato pada Kongres V PDIP 2019 di Bali dan berpesan untuk menghargai perjuangan pahlawan dengan tidak merombak dan mengganti Pancasila, sehingga masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

REFERENSI:
https://www.youtube.com/watch?v=35uU0pEcJck
https://turnbackhoax.id/2023/07/10/salah-video-megawati-pidato-anti-pancasila/
https://turnbackhoax.id/2021/10/08/salah-video-ini-bukti-megawati-ingin-merubah-pancasila/