[SALAH] Jokowi Menempuh Jalur Hukum, Aparat Jemput Paksa Titiek Soeharto

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video dengan judul yang mengklaim bahwa Titiek Soeharto dijemput paksa aparat merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, tidak ada bukti valid terkait hal tersebut.

=======

[KATEGORI]: Konten Yang Dimanipulasi

=======

[SUMBER]:
https://archive.cob.web.id/archive/1698113455.470884/index.html

=======

[NARASI]: “GEGER MALAM INI || JOKOWI SIK4PI T£GAS TITIK SOEHARTO GEG4RA HAL INI”

=======

[PENJELASAN]:

Channel YouTube “Kabar News” pada 21 Oktober 2023 mengunggah video dengan judul yang mengklaim bahwa Titiek Soeharto dijemput paksa aparat. Setelah dilakukan penelusuran, faktanya narator hanya membaca ulang artikel milik seword.com berjudul “Dari Sudut Mistikologi, Titiek Soeharto Menilai Era Jokowi Lebih Gila Dibanding Orde Baru”.

Artikel asli tersebut ditulis oleh Ruskandi Arawiria pada 21 Mei 2019 lalu. Dalam artikel tersebut Ruskandi menulis mengenai tanggapan pribadinya terkait pernyataan Titiek Soeharto yang Menilai Era Jokowi Lebih Gila Dibanding Orde Baru. Ruskandi kembali menyoroti kasus pelanggaran HAM pada era orba dan membandingkan dengan era Jokowi.

Namun setelah menonton keseluruhan video sama sekali tidak menyinggung tindakan tegas Jokowi yang menyebabkan Titiek Soeharto ditangkap paksa. Dan tidak ada bukti kredibel mengenai hal tersebut. Dilansir dari suara.com diketahui foto dalam thumbnail, aslinya merupakan foto seorang wanita yang meracuni bocah SD dengan sate sianida di Yogjakarta. Yang kemudian diedit dengan muka Titiek Soeharto. Sehingga dapat disimpulkan bahwa unggahan di atas adalah konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
[1] https://seword.com/politik/dari-sudut-mistikologi-titiek-soeharto-menilai-era-jokowi-lebih-gila-dibanding-orde-baru-qzFjlcYNm
[2] https://jogja.suara.com/read/2021/05/03/123229/foto-polisi-ungkap-wanita-pemberi-sate-sianida-yang-tewaskan-bocah-sd