[SALAH] Jokowi Berpidato dengan Bahasa Mandarin Lebih Fasih daripada Bahasa Inggris

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya video asli menunjukkan Presiden Jokowi berpidato dalam bahasa Inggris pada saat menghadiri jamuan makan malam yang diselenggarakan oleh United States – Indonesia Society (USINDO) di Amerika Serikat 2015. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

= = =

Sumber: Twitter

https://archive.is/TAlh7

= = =

Narasi:

“KELUAR ASLINYA..,mulus, rapi dan licik penyamaran nya :pray::+1::grin: beda dgn umat Islam”

“Lebih fasih berbahasa mandarin daripada bahasa inggris”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah video di Twitter yang menunjukkan Presiden Jokowi menyampaikan pidato dalam bahasa Mandarin, dalam postingannya juga menyebutkan yang mengartikan Presiden sedang menyamar dan berbeda dengan umat Islam. Dalam thread lanjutannya juga menyebut bahwa Presiden lebih fasih berbahasa Mandarin daripada bahasa Inggris.

Setelah ditelusuri klaim tersebut menyesatkan. Faktanya video asli menunjukkan bahwa Presiden menggunakan bahasa Inggris dalam pidatonya. Video palsu ini telah beredar di berbagai platform internet, hasil penelusuran oleh pemeriksa fakta Mafindo sebelumnya ditemukan bahwa pidato tersebut aslinya disampaikan oleh Presiden saat jamuan makan malam yang diselenggarakan oleh United States – Indonesia Society (USINDO) pada 26 Oktober 2015.

Dengan demikian, Jokowi berpidato dengan Bahasa Mandarin lebih fasih daripada Bahasa Inggris adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Dimanipulasi.

= = =

Referensi:

https://www.voaindonesia.com/a/jokowi-di-american-chamber-of-commerce/3025448.html

= = =