[SALAH] Gambar Tangkapan Layar Artikel CNBC Berjudul “Kasus Google Yang Tak Bisa Menemukan IJAZAh Joko Widodo”

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Gambar tangkapan layar artikel CNBC berjudul “Kasus Google Yang Tak Bisa Menemukan IJAZAh Joko Widodo” telah disunting pada bagian judul. Judul yang asli adalah “Kasus Google Meluas ke Asia, Masa Depan Internet Berubah”.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1698227205.247871/index.html

= = = = =

NARASI:
“Kasus Google Yang Tak Bisa Menemukan IJAZAh Joko Widodo”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook Juki Kang Ngibul memposting sebuah tangkapan layar CNCB Indonesia dengan judul “Kasus Google Yang Tak Bisa Menemukan IJAZAh Joko Widodo”. Postingan tersebut diunggah pada 25 Oktober 2023.

Setelah ditelusuri pada website CNBC Indonesia menggunakan indeks dengan memasukan tanggal diunggahnya artikel yaitu 24 Oktober 2023 pukul 12.05 WIB ditemukan asli berjudul “Kasus Google Meluas ke Asia, Masa Depan Internet Berubah”. Jika dilihat terdapat kesamaan pada tanggal unggah artikel, keterangan rubrik, gambar pada artikel dan nama penulis Intan Rakhmayanti Dewi. Terdapat perbedaan pada judul artikel.

Dengan demikian gambar tangkapan layar artikel CNBC berjudul “Kasus Google Yang Tak Bisa Menemukan IJAZAh Joko Widodo” telah disunting pada bagian judul. Judul yang asli adalah “Kasus Google Meluas ke Asia, Masa Depan Internet Berubah”, sehingga masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

REFERENSI:
https://www.cnbcindonesia.com/tech/20231024110553-37-483150/kasus-google-meluas-ke-asia-masa-depan-internet-berubah