[SALAH] DINYATAKAN TIDAK CUKUP SEHAT MENTAL, ANIES GAGAL NYAPRES

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Informasi menyesatkan. Hingga saat ini tidak ada informasi resmi terkait Anies Baswedan gagal nyapres karena dinyatakan tidak cukup sehat mental. Hasil tes kesehatan belum diumumkan oleh pihak RSPAD Gatot Soebroto.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1698232587.213187/index.html (Facebook)

=======

[NARASI]:
ANIES G4GAL NYAPRES – T4K LOLOS TEST KESEHATAN – DEPR3SI BERAT !!

BERITA TERBARU
ANIES GAGAL NYAPRES
DINYATAKAN TAK CUKUP SEHAT MENTAL

=======

[PENJELASAN]:
Sebuah video bernarasikan Anies Baswedan gagal nyapres karena dinyatakan tak cukup sehat mental beredar dari sebuah halaman facebook bernama News Era 2024 pada 22 Oktober 2023.

Setelah ditelusuri, thumbnail video yang menampilkan tim dokter bersama Anies Baswedan tersebut adalah hasil manipulasi dari momen ketika Tim dokter RSPAD Gatot Subroto gelar tes kesehatan capres-cawapres yang dijadwalkan oleh KPU, Sabtu, 21 Oktober 2023.

Foto aslinya dimuat pada artikel sinpo.id berjudul “Periksa Kesehatan Capres-Cawapres, RSPAD Gatot Subroto Kerahkan 50 Dokter”.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan ulang artikel dari detik.com berjudul “Hasto: Ada yang Deg-degan Tes Kesehatan, Kalau Ganjar-Mahfud Fit” serta artikel dari tempo.co berjudul “Jalani Tes Kesehatan, Prabowo Cerita Takut Jarum Suntik”.

Dilansir kompas.com, Anies Baswedan dan Cak Imin telah menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto, Jakarta pada Sabtu, 21 Oktober 2023. Namun pihak RSPAD Gatot Soebroto belum mengumumkan hasil tes kesehatan tersebut.

Pengumuman hasil tes kesehatan akan disampaikan secara kolektif kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) setelah seluruh hasil pemeriksaan capres dan cawapres lainnya muncul.

Dengan demikian, klaim narasi yang dibagikan dalam video unggahan halaman facebook News Era 2024 tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/10/23/165600782/-hoaks-anies-tidak-lolos-tes-kesehatan-mental?page=all#page2

https://news.detik.com/pemilu/d-6991463/hasto-ada-yang-deg-degan-tes-kesehatan-kalau-ganjar-mahfud-fit

https://nasional.tempo.co/read/1116437/jalani-tes-kesehatan-prabowo-cerita-takut-jarum-suntik

https://www.sinpo.id/detail/60775/periksa-kesehatan-capres-cawapres-rspad-gatot-subroto-kerahkan-50-dokter