[SALAH] “Digiring ke KPK, Prabowo Terciduk Lakukan Ini Jelang Pilpres”

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya tidak ada sumber dari pemberitaan yang kredibel bahwa Prabowo terciduk dan digiring ke KPK, video yang disajikan hanya menarasikan artikel opini yang dipublikasi melalui Seword.com. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

= = =

Sumber: YouTube

= = =

Narasi:

“GEGER MALAM INI || PRABOWO TIBA2 DIG!R!NG KPK, DIDUGA T£RCYDUK L4KUKAN INI JELANG PILPRES”

“Breaking News. Langsung Digiring KPK, Prabowo Tercyduk Lakukan Hal Ini Jelang Pilpres”

= = =

Penjelasan:

Sebuah video YouTube dengan judul dan thumbnail yang mengklaim bahwa Prabowo Subianto yang juga calon presiden dari Koalisi Indonesia Maju digiring KPK setelah terciduk melakukan sesuatu. Tidak dijelaskan dalam video apa yang dilakukan hingga Prabowo tertangkap KPK.

Setelah ditelusuri klaim tersebut menyesatkan. Faktanya tidak ada informasi dari sumber berita kredibel yang mengabarkan bahwa Prabowo Subianto tertangkap KPK. Narator dalam video hanya membacakan artikel opini yang sebelumnya sudah terpublikasi melalui Seword.com dengan judul “Prabowo, Bermuka Manis di Hadapan Jokowi, tapi Menikam dari Belakang” pada 12 Maret 2020.

Thumbnail yang menunjukkan Prabowo tertangkap adalah hasil rekayasa digital. Hasil penelusuran dari Kompas.com menunjukkan bahwa foto asli yang identik dengan gambar tersebut adalah momen pada saat Habib Rizieq Shihab ditahan polisi pada Desember 2020.

Dengan demikian, klaim Prabowo Subianto ditahan KPK menjelang Pilpres adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Dimanipulasi.

= = =

Referensi:

https://seword.com/politik/prabowo-bermuka-manis-di-hadapan-jokowi-tapi-iyRQzIgC5B

https://www.antaranews.com/foto/1892328/rizieq-shihab-ditahan-polisi

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/10/25/165900482/-hoaks-prabowo-subianto-ditangkap-kpk?page=all#page2

= = =