[SALAH] “Akhirnya!! Anak Mahfud MD Kampanyekan Anies Langsung di Pulau Madura Sampang”

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya klaim tersebut sangat tidak mendasar, tidak ada informasi dari sumber kredibel dan bukti yang menunjukkan anak Mahfud MD yang kampanyekan Anies di Pulau Madura. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook & YouTube

https://ghostarchive.org/archive/sOtNg

= = =

Narasi:

“Gempar… Anak Mahfud MD Kampanyekan Anies. Satu Pulau Madura Siap Kawal Anies Sampai Jadi Presiden”

“Akhirnya !! Anak Mahfud MD kampanyekan anies langsung di pulau Madura Sampang”

= = =

Penjelasan:

Postingan di Facebook membagikan tautan video YouTube dengan judul dan thumbnail yang mengklaim bahwa anak dari Mahfud MD mengampanyekan Anies di pulau Madura.

Setelah ditelusuri klaim tersebut tidak mendasar. Faktanya tidak ada pemberitaan kredibel dan pernyataan resmi dari pihak terkait yang membenarkan klaim tersebut. Terlihat foto dalam thumbnail seseorang sedang menyapa di tengah kerumunan tersebut adalah Prabowo Subianto saat menghadiri acara silaturahmi dan doa kebangsaan bersama Kiai Tohir di Madura pada masa kampanye Pilpres 2019, foto tersebut sudah terpublikasi lebih dahulu pada laman NusantaraNews.com pada Februari 2019.

Hasil penelusuran dari narasi yang dibacakan dalam video tersebut, narator hanya membacakan artikel dari Tribunnews.com dengan judul “Tokoh Madura: Mayoritas Ulama dan Rakyat Madura Mendukung Anies-Gus Muhaimin”. Tidak ditemukan narasi yang menyebutkan klaim seperti yang ditampilkan pada judul dan thumbnail video.

Dengan demikian, anak Mahfud MD mengampanyekan Anies di Madura adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.tribunnews.com/nasional/2023/09/14/tokoh-madura-mayoritas-ulama-dan-rakyat-madura-mendukung-anies-gus-muhaimin

= = =