[SALAH] Video “PRESIDENT INDONESIA K 7 PIDATO BAHASA MANDARIN”

Video editan. Pada video asli, Presiden Jokowi berpidato dalam bahasa Inggris. Pidato ini disampaikan pada 26 Oktober 2015 pada saat acara jamuan makan malam yang diadakan oleh United States – Indonesia Society (USINDO) di Amerika Serikat.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Dimanipulasi
===========================================

Kanal Youtube Venny sariyanti (youtube.com/@vennysariyantioey) pada 25 Oktober 2023 mengunggah sebuah video berdurasi 1 menit 20 detik yang menampilkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpidato dengan menggunakan bahasa Mandarin dengan judul:

“PRESIDENT INDONESIA K 7 PIDATO BAHASA MANDARIN #fypyoutube #youtube #presidenjokowi #indonesia #fyp”

Sumber: https://bit.ly/49caiVt (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video yang menampilkan Presiden Jokowi berpidato dengan menggunakan bahasa Mandarin merupakan konten yang dimanipulasi.

Faktanya, video itu merupakan video editan. Pada video asli, Presiden Jokowi berpidato dalam bahasa Inggris. Pidato ini disampaikan pada 26 Oktober 2015 pada saat acara jamuan makan malam yang diadakan oleh United States – Indonesia Society (USINDO) di Amerika Serikat.

Video yang asli berdurasi 7 menit 2 detik ini diunggah di kanal Youtube The U.S. – Indonesia Society (USINDO) pada 13 November 2015 dengan judul “Oct. 26, 2015 – President Jokowi Delivers Speech at Gala Hosted by USINDO, US Chamber, and USABC”

Kanal ini juga mengunggah sebuah video dengan judul “Oct. 26, 2015 – USINDO President David Merrill Delivers Closing Remarks at Jokowi Gala” yang menampilkan Presiden USINDO, David Merrill yang berpidato di podium yang sama dengan Presiden Jokowi di video yang beredar.

Video pidato Presiden Jokowi di acara tersebut, juga diliput oleh VOA Indonesia dalam artikel berita berjudul “Jokowi di American Chamber of Commerce” yang terbit di situs VOA Indonesia pada 28 Oktober 2015. Dilansir dari artikel ini, di akhir hari kedua kunjungannya ke Amerika Serikat, Presiden Jokowi menghadiri jamuan makan malam yang diadakan oleh US Asean Business Council, Kamar Dagang Amerika atau US Chambers of Commerce dan lembaga pemerhati hubungan Amerika-Indonesia, USINDO.

REFERENSI
https://www.youtube.com/watch?v=6G604qxWaNQ
https://www.youtube.com/watch?v=dsdEV8zCV8U
https://www.voaindonesia.com/a/jokowi-di-american-chamber-of-commerce/3025448.html

About Adi Syafitrah 1628 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo