[SALAH] “Semua Kader PDI-P Mengundurkan Diri Akibat Keputusan Megawati”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi menyesatkan. Judul dan isi video tidak sesuai dan narator dalam video tersebut tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi bahwa semua kader PDI-P mengundurkan diri akibat keputusan Megawati.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

[SUMBER]: YOUTUBE
https://archive.cob.web.id/archive/1698142928.325768/index.html

=====

[NARASI]: SEMUA ANGGOTA HENGKANG DARI PDIP !! AKIBAT MEGAWATI AMBIL KEPUTUSAN YANG TAK SENONOH…

=====

[PENJELASAN]:
Channel youtube bernama “AKTUAL” pada tanggal 22 Oktober  membagikan video dengan narasi semua kader PDI-P mengundurkan diri akibat keputusan Megawati.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi kredibel terkait klaim dalam narasi. Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu.

Thumbnail video merupakan hasil rekayasa, gambar asli merupakan pelantikan dan dituntut untuk membacakan janji pengurus 23 pengurus DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah periode 2019-2024 saat Konferda di Panti Marhen Semarang.

Narasi yang dibacakan dalam video tersebut identik dengan artikel tempo.co dengan judul artikel “Jelang Pengumuman Cawapres Ganjar Besok, Beredar Foto Mahfud MD dan Megawati”.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim narasi yang menyatakan semua kader PDI-P mengundurkan diri akibat keputusan Megawati adalah salah dan masuk kategori konten yang dimanipulasi.

=====

[REFERENSI]:
https://jateng.tribunnews.com/2019/07/15/bambang-pacul-kembali-pimpin-dpd-pdip-jateng-periode-2019-2024?page=all
https://nasional.tempo.co/read/1785195/jelang-pengumuman-cawapres-ganjar-besok-beredar-foto-mahfud-md-dan-megawati