[SALAH] SURAT UNDANGAN REKRUTMEN DI PERUM BULOG

Perum Bulog melalui Instagram resminya menyatakan jika informasi tersebut tidak benar. Ditegaskan pula jika segala informasi perihal dibukanya lowongan kerja Perum Bulog dapat dicek melalui situs https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id/.

KATEGORI: IMPOSTER CONTENT/ KONTEN TIRUAN

===

SUMBER: TANGKAPAN LAYAR KERTAS SURAT

===

NARASI:

“Kepada
Yth. Peserta Tes Seleksi Calon Karyawan
PERUM BULOG INDONESIA
Di,
Tempat


Berdasarkan hasil evaluasi tim seleksi terhadap lamaran kerja Saudara kami terima dengan ini kami sampaikan bahwa berkas lamaran Saudara memenuhi persyaratan yang ditetapkan sehingga Saudara dapat mengikuti tes seleksi calon karyawan.


Tes seleksi Rekrutmen Karyawan Perum BULOG akan dilaksanakan:

Hari/tanggal : Kamis, 19 – 20 Oktober 2023

Jam :

Tempat : JL. Gatot Subroto No.Kav. 49 RT5/RW4, Kuningan Timur, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Jakarta

===

PENJELASAN: Beredar sebuah tangkapan layar kertas surat yang menyebutkan bahwa Perum Bulog tengah membuka rekrutmen kerja. Dalam surat tersebut dituliskan perihal undangan seleksi untuk para peserta calon karyawan di Perum Bulog. Pada badan surat disebutkan jika seleksi akan berlangsung pada Kamis, 19 hingga 20 Oktober 2023 dan bertempat di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Namun setelah melakukan penelusuran lebih lanjut, diketahui jika surat tersebut adalah palsu. Perum Bulog menyatakan melalui Instagram resminya jika segala informasi perihal dibukanya lowongan kerja Perum Bulog dapat dicek melalui situs https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id/.

“Pengumuman hanya disampaikan melalui portal resmi RBB 2023: https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id/ dengan login menggunakan akun masing-masing yang telah terdaftar.” jelas Perum Bulog melalui Instagram resminya.

Berdasar dari seluruh referensi, informasi perihal undangan rekrutmen oleh Perum Bulog adalah tidak benar. Surat undangan tersebut masuk ke dalam hoaks dengan kategori imposter content atau konten tiruan.

===

REFERENSI:

https://www.antaranews.com/berita/3782145/waspada-penipuan-rekrutmen-mengatasnamakan-perum-bulog
https://www.instagram.com/p/Cwol7QDPc1e/?img_index=1
https://www.instagram.com/p/CkdIWt5SEDZ/?igshid=YmMyMTA2M2Y%3D&img_index=1