[SALAH] Video Tentara Indonesia Diberangkatkan ke Jalur Gaza

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Video tersebut merupakan hasil rekayasa dengan menggunakan filter yang disediakan oleh Tiktok, orang yang ada dalam video tersebut bukan merupakan tentara sungguhan.

===========

[KATEGORI]: Parodi

===========

[SUMBER]: Tiktok https://archive.cob.web.id/archive/1697794366.253409/index.html 

===========

[NARASI]: “selagi ada tiket pesawat free palestina”

===========

[PENJELASAN]: Muncul di Tiktok sebuah unggahan yang diunggah oleh akun bernama @miartawan yang pada 15 Oktober 2023 lalu mengunggah video dirinya sedang memakai pakaian tentara disertai kalimat siap berangkat menuju ke Palestina.

Namun, video tersebut hanya merupakan hasil rekayasa dengan menggunakan filter dari Tiktok yang dapat membuat seseorang seolah sedang menggunakan seragam tentara. Pada bagian pojok kiri bawah akan terlihat ada tulisan “try effect” yang mana artinya jika dipencet maka kita juga dapat langsung ikut mencoba filter tersebut. Selain itu di akhir video ia juga menyelipkan sebuah candaan “kalau saya pulang masih bernyawa saya akan bawa satu janda”, jadi kemungkinan tujuan ia membuat video tersebut hanya untuk bercandaan saja.

Di sisi lain, dari pihak Mabes TNI sendiri juga telah membantah banyaknya kabar yang beredar tentang TNI yang diberangkatkan ke Palestina. dilansir dari Republika.com, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksda Julius Widjojono mengatakan jika tidak ada prajurit TNI yang dikirim ke Palestina.

Berdasarkan bantahan tersebut maka dapat dipastikan jika semua kabar yang beredar mengenai TNI yang dikirim langsung ke Palestina adalah kabar yang tidak benar.

===========

 [REFERENSI] :

https://news.republika.co.id/berita/s2pc5i484/beredar-video-prajurit-tni-berangkat-ke-palestina-kapuspen-pastikan-hoaks