[SALAH] MK RESMIKAN GUGATAN BATAS USIA 70 TAHUN, PRABOWO GAGAL NYAPRES

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Tidak ditemukan informasi kredibel terkait Prabowo tidak bisa nyapres karena MK resmikan gugatan batas usia 70 tahun untuk capres. Video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa video berbeda yang disertai narasi menyesatkan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1697939612.922031/index.html (Facebook)

=======

[NARASI]:
Mengejutkan prabowo tidak bisa nyapres, mk ketok p4lv gugatan batas usia 70 tahun di resmikan.

BREAKING NEWS
SAH! PRABOWO TIDAK BISA NYAPRES
MK KETOK PALU GUGATAN BATAS USIA 70 THN DI RESMIKAN

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari akun facebook bernama Daily Qinan dengan narasi yang menyatakan bahwa Prabowo tidak bisa nyapres karena Mahkamah Konstitusi telah resmikan gugatan batas usia 70 tahun untuk capres.

Setelah dilakukan penelusuran, dalam video tersebut hanya menampilkan beberapa cuplikan dari video berbeda yang tidak ada kaitannya dengan klaim narasi.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan ulang artikel dari seword.com berjudul “Ada Gugatan Usia Maksimal Capres/Cawapres Dibatasi 70 Tahun, Kubu Prabowo Auto Panik?” yang diunggah pada 18 Agustus 2023.

Thumbnail video yang menampilkan beberapa orang dalam ruang sidang tersebut merupakan foto Suasana sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Presiden dan Wakil Presiden 2019 di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Kamis, 27 Juni 2019. Sidang tersebut beragendakan pembacaan putusan oleh majelis hakim MK. Sehingga dapat dipastikan bahwa foto tersebut tidak ada kaitannya dengan klaim narasi yang beredar.

Foto aslinya dimuat pada artikel kompas.com berjudul “Sejumlah Dalil dalam Gugatan Prabowo-Sandiaga Ditolak MK, Ini Paparannya” yang diunggah pada 26 Juni 2029.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim narasi yang beredar dari akun facebook Daily Qinan tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/10/18/140200182/-hoaks-prabowo-gagal-jadi-capres-karena-batas-usia-maksimal-70-tahun?page=all

https://seword.com/politik/ada-gugatan-usia-maksimal-caprescawapres-dibatasi-gujfvrjx5g

https://nasional.kompas.com/image/2019/06/28/06060011/sejumlah-dalil-dalam-gugatan-prabowo-sandiaga-ditolak-mk-ini-paparannya?page=3