[SALAH] MEGAWATI USIR JOKOWI DAN GIBRAN DARI PDIP

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga

Faktanya, video di dalam unggahan tersebut tidak mengandung informasi bahwa Megawati resmi mengeluarkan Presiden Jokowi dan anaknya Gibran dari PDIP. Sampai saat ini, tidak ada klaim resmi dari pemimpin PDIP tersebut, dalam hal mengeluarkan Presiden Jokowi atau anaknya, Gibran.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====

[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====

[SUMBER]: TIKTOK

https://archive.vn/wEBF7

=====

[NARASI]:

“Megawati Telah Tegas Pecat Jokowi dan Gibran…???”

=====

[PENJELASAN]:

Sebuah video yang beredar melalui media sosial Tiktok, menampilkan cuplikan pidato dari pemimpin Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri. Di dalam cuplikan tersebut, tampak Megawati dengan sangat tegas menyatakan bahwa dirinya akan mempersilahkan siapapun kader PDIP yang ingin melakukan manuver politik, untuk keluar dari partai. Cuplikan video ini juga ditambahkan dengan sebuah narasi yang menyebutkan bahwa Megawati tegas mengeluarkan Presiden Jokowi dan Gibran. Lalu apakah benar Megawati telah mengeluarkan Presiden Jokowi dan Gibran dari PDIP?

Setelah melakukan penelusuran terkait dengan klaim tersebut, tidak ditemukan fakta yang dapat membenarkan informasi mengenai Megawati telah mengeluarkan Presiden Jokowi dan Gibran dari PDIP. Cuplikan video yang terdapat di dalam unggahan milik akun Tiktok @kopiparlemen ini diketahui merupakan cuplikan video pernyataan Megawati yang disampaikan dalam acara pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP yang digelar di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa, 21 Juni 2022.

“Bagi kalian siapa yang berbuat manuver, keluar. Karena apa? Tidak ada dalam PDIP itu yang namanya main dua kaki, main tiga kaki, melakukan manuver,” ujar Megawati.

Sampai saat ini, tidak ditemukan kabar resmi terkait dengan pemecatan Jokowi dan Gibran dari PDIP. Hal tersebut juga seiring dengan Gibran yang telah membantah isu dirinya hengkang dari PDIP dan bergabung dengan Golkar. Bahkan melansir dari artikel Tribunnews, DPP PDIP, Eriko Sotarduga, menyatakan bahwa Megawati sejauh ini bersikap santai soal isu yang menyangkut Gibran. Eriko mengungkapkan bahwa Megawati sama sekali tak berkomentar di acara peresmian kantor DPC Solo secara daring pada Senin 16 Oktober 2023.

Perihal keluarnya Jokowi atau Gibran dari PDIP masih sebatas opini dan dugaan yang beredar di masyarakat, pasca adanya dukungan Jokowi kepada calon presiden Prabowo Subianto dan keluarnya putusan Mahkamah Konstitusi mengenai batas umur dari calon presiden atau wakil presiden.

Jadi dapat disimpulkan, klaim yang menyebutkan bahwa Megawati tegas akan pecat Jokowi atau Gibran dari PDIP, merupakan klaim yang salah dan termasuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan atau misleding content.

=====

[REFERENSI]:

https://nasional.tempo.co/read/1604063/usir-kadernya-yang-bermanuver-megawatipdip-tidak-ada-main-dua-kaki

https://medan.tribunnews.com/2023/10/19/respons-megawati-soal-gibran-bakal-minggat-dari-pdip-dan-jawaban-pdip-tak-undang-acara-deklarasi?page=2

https://vm.tiktok.com/ZSN6KnmfP/