[SALAH] Usir Nyamuk Menggunakan Gelombang Ultrasonik 20.000 Hz

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Informasi menyesatkan. Tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim bahwa suara berfrekuensi tinggi dapat digunakan sebagai pengusir nyamuk.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1697290032.819251/index.html (Twitter)

=====

[NARASI]:

“ngusir nyamuk pake baygon :x:
ngusir nyamuk pake autan :x:
ngusir nyamuk pake GELOMBANG SUARA ULTRASONIC 20000 HZ 8 JAM NONSTOP :white_check_mark:

=====

[PENJELASAN]:

Akun Twitter @cenauparty membagikan cuitan yang mengklaim bahwa gelombang ultrasonik 20.000 Hz dapat digunakan untuk mengusir nyamuk. Cuitan tersebut juga melampirkan tangkapan layar video yang diunggah di Youtube dengan judul “Gelombang Suara Ultrasonic 20000 Hz Pengusir Nyamuk 8 Jam Nonstop”.

Dikutip dari Kompas, pakar entomologi UGM Hari Purwanto mengatakan, cara mengusir nyamuk dengan suara ultrasonik hingga saat ini tidak memiliki bukti ilmiah.

Hal serupa juga dikatakan oleh ahli entomologi medis di London School of Hygiene and Tropical Medicine, James Logan melalui laman Live Mint. James mengatakan suara ultrasonik dimaksudkan untuk meniru kepakan sayap predator alami nyamuk, seperti capung yang mungkin dihindari oleh nyamuk betina. Teori lainnya menyebutkan bahwa suara ultrasonik meniru frekuensi nyamuk jantan sehingga nyamuk betina yang sudah pernah kawin akan menghindarnya.

Namun James menegaskan bahwa tidak ada bukti ilmiah yang mengatakan bahwa perangkat dengan suara frekuensi tinggi bisa mengusir nyamuk.

=====

[REFERENSI]:

– https://www.youtube.com/watch?v=aNbiqz40KHs
– https://www.kompas.com/tren/read/2023/04/02/212000065/ramai-soal-cara-mengusir-nyamuk-dengan-suara-ultrasonik-benarkah-ampuh-#google_vignette
– https://www.livemint.com/news/business-of-life/can-a-smartphone-app-repel-mosquitoes-1541329689381.html
– https://www.bbc.com/news/magazine-20669080