[SALAH] Jokowi Lantik Anies Baswedan Menjadi Ketua KPK

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Gambar pratinjau, cuplikan video, dan narasi yang dibacakan dalam video tidak saling berkaitan dengan klaim Presiden Jokowi melantik Anies Baswedan menjadi Ketua KPK.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1697631708.105273/index.html (Youtube)

=====

[NARASI]: “GEGER SORE INI || JOKOWI LANTIK LANGSUNG ANIES JADI KETUA KPK, DISIARKAN LANGSUNG DARI ISTANA”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube Kabar News mengunggah video dengan klaim Presiden Joko Widodo melantik Anies Baswedan sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Anies ditunjuk langsung oleh Presiden Jokowi untuk menggantikan Firli Bahuri. Klaim ini didukung dengan foto pratinjau yang menampilkan Presiden Jokowi dan Anies Baswedan dalam suasana pelantikan di Istana Negara.

Namun setelah ditelusuri, gambar pratinjau pada video tersebut merupakan hasil suntingan atau manipulasi. Foto aslinya dapat dilihat di laman resmi Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, pada berita dengan judul “Lantik 7 Gubernur, Presiden Jokowi: Jangan Hanya di Belakang Meja, Turun ke Lapangan”. Berita ini diunggah pada 12 Februari 2016.

Selain itu, narasi yang dibacakan juga tidak menjelaskan mengenai klaim yang disebutkan pada video. Narasi tersebut justru identik dengan artikel milik Suara.com dengan judul “Jokowi Terima Pengunduran Diri Syahrul Yasin Limpo dari Kursi Menteri Pertanian, Diganti Arief Prasetyo Adi”, dan artikel yang diunggah Narasi dengan judul “Mentan Resmi Mengundurkan Diri, Syahrul Yasin Limpo Diganti Kepala Bapanas”.

Kedua artikel ini menginformasikan pengunduran diri Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi oleh KPK. Sebagai penggantinya, Jokowi langsung menunjuk Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Mentan.

=====

[REFERENSI]:

– https://setkab.go.id/lantik-7-gubernur-presiden-jokowi-jangan-hanya-di-belakang-meja-turun-ke-lapangan/
– https://www.suara.com/news/2023/10/06/141545/jokowi-terima-pengunduran-diri-syahrul-yasin-limpo-dari-kursi-menteri-pertanian-diganti-arief-prasetyo-adi
– https://narasi.tv/read/narasi-daily/mentan-resmi-mengundurkan-diri-syahrul-yasin-limpo-diganti-kepala-bapanas