[SALAH] Gelombang Tinggi Robohkan 5 Gedung di Yogyakarta

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Isi dari video tersebut berisikan mengenai pembahasan mengenai rumah rusak di wilayah pesisir Aceh yang diakibatkan oleh gelombang tinggi, tidak ditemukan informasi tentang ombak yang menghancurkan gedung-gedung Yogyakarta.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://archive.cob.web.id/archive/1697545483.604422/index.html

===========

[NARASI]: “BENCANA ALAM TERBARU ~ YOGYAKARTA MENJERIT… GELOMBANG TINGGI ROBOHKAN 5 GEDUNG MEGAH”

===========

[PENJELASAN]: Pada 13 Oktober 2023 lalu muncul unggahan video di Youtube yang mengatakan jika di Yogyakarta sedang ada peristiwa gelombang tinggi yang mengakibatkan 5 gedung mewah hancur.

Namun setelah disimak lebih lanjut, isi dari video tersebut tidak menjelaskan adanya klaim yang sesuai pada judul. Narator hanya membacakan ulang sebuah artikel yang diunggah pada 7 Oktober 2022 lalu oleh CNN.com dengan judul “15 Rumah di Pesisir Aceh Rusak Diterjang Gelombang Tinggi”.

Dalam artikel tersebut sendiri menjelaskan tentang adanya gelombang laut tinggi yang menerpa wilayah pesisir Aceh dan merusak sebanyak 15 rumah warga, peristiwa tersebut juga merusak infrastruktur jalan desa yang berada di pinggir pantai. Bahkan, kondisinya kini sudah ambruk tergerus sepanjang 400 meter.

Berdasarkan telusuran tersebut maka klaim tentang gedung mewah di Yogyakarta yangi hancur karena dihantam oleh gelombang tinggi  itu tidak benar. Isi video tersebut hanya berisi tentang kejadian gelombang tinggi yang menyerang wilayah pesisir Aceh.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20231007160657-20-1008353/15-rumah-di-pesisir-aceh-rusak-diterjang-gelombang-tinggi