[SALAH] India Memalsukan Pendaratan Pesawat Luar Angkasa Chandrayaan-3 di Bulan

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya video pendaratan yang beredar di media sosial tersebut merupakan hasil simulator dengan data yang aktual yang dikirim oleh Chandrayaan-3 untuk melacak lokasi dan keberadaan pesawat luar angkasa tersebut. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Twitter

https://archive.li/DR5g6

= = =

Narasi:

“History was made by India. If the original moon landing was in doubt because it looked fake this this clears it all up for me… #moonlanding #moonlandinghoax”

Terjemahan:

“Sejarah dibuat oleh India. Jika pendaratan di bulan yang asli diragukan karena terlihat palsu, ini menjelaskan semuanya bagi saya… #moonlanding #moonlandinghoax”

= = =

Penjelasan:

Sebuah postingan di Twitter membagikan video mendaratnya pesawat luar angkasa Chandrayaan-3 milik India yang mengklaim bahwa pendaratan pesawat tersebut di bulan adalah hoax karena terlihat seperti animas.

Setelah ditelusuri klaim tersebut salah, faktanya video tersebut adalah simulator berdasarkan data aktual yang dikirim oleh pesawat Chandrayaan-3 untuk melacak keberadaan pesawat tersebut.

Melalui AFP Andrew Dempster, direktur Pusat Penelitian Teknik Luar Angkasa Australia membantah klaim tersebut. Ia menyebutkan bahwa simulasi tersebut jelas untuk menunjukkan keberadaan pesawat tersebut karena tidak mungkin mempersiapkan kamera untuk mendokumentasikan pendaratan sebuah pesawat luar angkasa di bulan.

Dengan demikian India memalsukan pendaratan pesawat luar angkasa Chandrayaan-3 di bulan adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.33U48GT

= = =