[SALAH] “Najwa Shihab mempromosikan AC Mini melalui akun Facebook Nајⱳа Ѕһ𝗂һаb”

Akun palsu. Akun Facebook resmi milik Najwa Shihab adalah facebook.com/najwashihabofficial. Selain itu, foto Najwa Shihab yang memegang AC mini itu merupakan hasil manipulasi dari foto ketika Najwa Shihab sedang bekerja di depan laptop.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Dimanipulasi
===========================================

Akun Facebook Nајⱳа Ѕһ𝗂һаb (fb.com/61551842881869) pada 27 September 2023 membagikan tautan yang menampilkan foto Najwa Shihab yang tampak memegang AC mini dengan narasi:

“Bulan lalu saya berkesempatan pergi ke Jepang. Sungguh mengejutkan melihat sebagian besar keluarga menggunakan AC pintar Mittsuta ini. 𝐉𝐮𝐦𝐥𝐚𝐡 𝐥𝐢𝐬𝐭𝐫𝐢𝐤 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐝𝐢𝐠𝐮𝐧𝐚𝐤𝐚𝐧𝐧𝐲𝐚 𝐡𝐚𝐧𝐲𝐚 𝟏/𝟏𝟎 𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐀𝐂 𝐤𝐨𝐧𝐯𝐞𝐧𝐬𝐢𝐨𝐧𝐚𝐥. Saya langsung pesan 2 untuk dicoba. Dari pertama kali pakai, saya kaget karena AC-nya kompak tapi cepat dingin. Hanya dalam 5 menit, suhu ruangan 30m2 turun 8-10 derajat Celcius. Apalagi listriknya hanya 1rb/hari. Mesin tersebut memiliki mode untuk menyaring 99% bakteri di dalam ruangan, mendisinfeksi, menghilangkan bau dan kabut untuk selalu menjaga kelembapan dalam ruangan pada 40-60%. Sangat baik untuk sistem pernafasan orang tua dan anak-anak. Keluarga saya menghemat 800rb listrik setiap bulannya. Produk standar Jepang luar biasa!”

Selengkapnya di bit.ly/3EXDrpA (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya akun Facebook yang mengatasnamakan dan menggunakan foto Najwa Shihab untuk promosi AC mini merupakan konten yang dimanipulasi.

Faktanya, akun itu merupakan akun palsu. Akun Facebook resmi milik Najwa Shihab adalah facebook.com/najwashihabofficial. Selain itu, foto Najwa Shihab yang memegang AC mini itu merupakan hasil manipulasi dari foto ketika Najwa Shihab sedang bekerja di depan laptop.

Hasil penelusuran terhadap foto yang dimuat di postingan tersebut, foto aslinya dimuat di akun Instagram remi milik Najwa Shihab pada 25 Maret 2021 dengan narasi: “Kerja di @narasi.tv seharian ini. Kangen banget suasana rame dan riuh rendah @narasinewsroom.”

Selain itu, klaim tersebut merupakan modus operandi iklan terselubung yang dibalut berita kontroversial dan juga menggunakan gambar yang tidak terkait dengan isi iklan tersebut.

REFERENSI
https://www.instagram.com/p/CM1fRyEDQtl/
https://turnbackhoax.id/2023/05/26/salah-akun-facebook-najwaa-shihabb-promosi-ac-jepang/

About Adi Syafitrah 1618 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo