[SALAH] “SAMBIL MENAHAN TANGIS JOKOWI TITIPKAN NEGARA INI KEPADA GANJAR PRANOWO”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi menyesatkan. Judul dan isi video tidak sesuai dan narator dalam video tersebut tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi bahwa Jokowi menangis dan titipkan negara ini kepada Ganjar Pranowo.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
https://archive.cob.web.id/archive/1695277476.869826/index.html

=====

[NARASI]: tak tega mendengar nya, Jokowi titip kan negeri ke Ganjar seperti ini

=====

[PENJELASAN]:
Beredar unggahan video di media sosial Facebook dengan nama pengguna “Dua Arah” unggahan video tersebut bernarasi bahwa Jokowi menangis dan titipkan negara ini kepada Ganjar Pranowo.

Namun gambar pratinjau tersebut dapat dipastikan merupakan hasil suntingan. Pada gambar meperlihatkan sosok Joko Widodo dengan foto Ganjar Pranowo dengan latar belakang kerumunan orang-orang.

Momen Presiden Joko Widodo menangis tersebut merupakan momen saat Presiden Jokowi melihat korban bencana alam di Desa Nelelamadike, Kecamatan Ile Boleng, Adonara, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (9/4/2021).

Salah satu klip pada awal video yang menampilkan sosok Presiden Joko Widodo mengenakan kemeja hitam dan sedang berpidato, video tersebut identik dengan video yang diunggah kanal Youtube KOMPASTV dengan judul “Presiden Jokowi Minta Kader PDIP Berjuang Keras Menangkan Ganjar di Pilpres 2024”.

Dengan demikian, klaim tentang Jokowi menangis dan titipkan negara ini kepada Ganjar Pranowo adalah salah dan masuk kategori konten yang dimanipulasi.

=====

[REFERENSI]:
https://batam.tribunnews.com/2021/04/10/jokowi-menangis-lihat-korban-bencana-di-ntt-anak-smp-titipkan-surat-cinta-ke-presiden#google_vignette
https://www.youtube.com/watch?v=Px8rNvm5_xA