[SALAH] Jokowi Sebut Megawati Dalang Dibalik Ijazah Palsunya

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Tidak ada informasi tentang Jokowi yang menyebut Megawati sebagai dalang pemalsuan ijazahnya. Narasi pada video berisi tentang permintaan Eggi Sudjana untuk mendatangkan Jokowi pada sidang kasus penistaan agama dan ujaran kebencian Bambang Tri Mulyono dan Gus Nur.

======

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1695629287.080698/index.html (Youtube)

=====

[NARASI]: “MENGEJUTKAN!! DIHADAPAN HAKIM, JKW SEBUT MEGAWATI DALANG DIBALIK IJAZAH PALSU DEMI KUASAI NKRI!”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube Rahasia Politik mengunggah video dengan klaim Presiden Joko Widodo menyebut Megawati Soekarnoputri sebagai dalang dibalik ijazah palsunya pada persidangan. Hal ini dilakukan demi menguasai NKRI. Klaim ini didukung dengan gambar pratinjau yang menampilkan seseorang yang mirip dengan Jokowi yang sedang menghadapi persidangan.

Setelah dilakukan penelusuran, gambar pratinjau tersebut merupakan hasil manipulasi. Gambar aslinya dapat ditemukan di artikel Antara dengan judul “Mahkamah Agung bahas promosi hakim di sidang Basuki Purnama”.

Selain itu, narasi yang dibacakan dalam artikel tidak menjelaskan tentang Megawati yang disebut sebagai dalang pemalsuan ijazah Jokowi. Narator hanya membacakan ulang artikel yang diunggah oleh Tempo dengan judul “Sidang Bambang Tri Mulyono Penggugat Ijazah Palsu Jokowi, JPU Hadirkan Kepala SD dan SMP” dan artikel Detik dengan judul “Eggi Sudjana Tantang Jokowi Buktikan Keaslian Ijazah di Sidang Bambang Tri.”

Kedua artikel tersebut berisi tentang tentang Eggi Sudjana yang meminta Jokowi untuk hadir di persidangan terdakwa kasus penistaan agama dan ujaran kebencian Bambang Tri Mulyono dan Sugi Nur Rahardja (Gus Nur). Eggi menyebut saksi yang didatangkan tidak berkualitas dan hanya Jokowi yang bisa memberikan bukti keaslian ijazahnya.

=====

[REFERENSI]:

– https://www.antaranews.com/berita/628933/mahkamah-agung-bahas-promosi-hakim-di-sidang-basuki-purnama
– https://nasional.tempo.co/read/1675336/sidang-bambang-tri-mulyono-penggugat-ijazah-palsu-jokowi-jpu-hadirkan-kepala-sd-dan-smp
– https://www.detik.com/jateng/hukum-dan-kriminal/d-6496411/eggi-sudjana-tantang-jokowi-buktikan-keaslian-ijazah-di-sidang-bambang-tri