[SALAH] Atas Perintah Jokowi, Surya Paloh Resmi Tolak Dukungan Kepada Anies Baswedan

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video dengan klaim bahwa Surya Paloh resmi tolak dukungan kepada Anies Baswedan adalah konten yang tidak benar. Judul, isi video dan narasi dalam video tidak sesuai. Tidak ada bukti valid terkait hal tersebut.
====

[KATEGORI]: Konten Yang Dimanipulasi

====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1695370085.498091/index.html

====
[NARASI]: “MIMPI BURUK ANIES BASWEDAN JADI KENYATAAN, SURYA PALOH RESMI TOLAK DUKUNGAN”

====

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Youtube dengan nama pengguna “Benang Merah” mengunggah video dengan klaim atas perintah Jokowi, Surya Paloh resmi tolak dukungan kepada Anies Baswedan. Faktanya tidak ada bukti valid ataupun pernyataan resmi mengenai hal tersebut.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi valid terkait klaim dalam narasi. Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu. Video hanya membahas mengenai pertemuan antara Presiden Jokowi dengan Ketua Partai Nasdem tersebut. Ternyata narator hanya membacakan narasi dari detik.com yang berjudul “Jokowi dan Surya Paloh Bertemu di Istana Hari Ini, Bahas Apa?” pada 31 Agustus 2023.

Setelah dilakukan penelusuran, Partai Nasdem resmi mengumumkan akan mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden di Pemilu 2024 sejak Oktober 2022 lalu. Pengumuman calon presiden dari partai NasDem itu disampaikan langsung oleh Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di NasDem Tower, Jakarta Pusat.

==========

[REFERENSI]

[1] https://news.detik.com/berita/d-6906744/jokowi-dan-surya-paloh-bertemu-di-istana-hari-ini-bahas-apa
[2] https://www.dw.com/id/nasdem-resmi-usung-anies-baswedan-jadi-capres-untuk-pemilu-2024/a-63319523

sumber asli: https://youtu.be/znhBk0CFcWM?si=xYj6PrNKJv5ZSBil10:12