[SALAH] JOKOWI TUNJUK AHOK JADI PIMPINAN IBU KOTA BARU NUSANTARA

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya judul dan isi video tidak berkaitan. Thumbnail merupakan hasil manipulasi dan dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi terkait klaim narasi yang beredar.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1695562787.419067/index.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
VIRAL ~ kabar gembira ! Jokowi tunjuk Ahok jadi pimpinan ibu kota baru

BREAKING NEWS
LANGSUNG DI TUNJUK PRESIDEN
AHOK RESI PIMPIN IBU KOTA BARU NUSANTARA

=======

[PENJELASAN]:
Channel youtube bernama KURSI POLITIK pada 23 September 2023 membagikan sebuah video bernarasikan Jokowi tunjuk Ahok menjadi pimpinan untuk Ibu Kota baru Nusantara.

Setelah ditelusuri, thumbnail video yang menampilkan sosok Jokowi, Ahok dan Ma’ruf Amin tersebut adalah hasil manipulasi. Video tersebut hanya menampilkan cuplikan dari beberapa video berbeda yang digabung menjadi satu.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan ulang artikel dari jawapos.com berjudul “TERUNGKAP! Luhut: Jokowi Sudah Menunjuk Pemimpin Ibu Kota Baru, Ahok Kandidat Pemimpin Nusantara” yag diunggah pada 18 Januari 2022.

Dengan demikian, klaim narasi yang dibagikan dalam video unggahan channel youtube KURSI POLITIK tersebut adalah keliru dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://manadopost.jawapos.com/berita-utama/28599487/terungkap-luhut-jokowi-sudah-menunjuk-pemimpin-ibu-kota-baru-ahok-kandidat-pemimpin-nusantara