[SALAH] Yunani Tinggal Nama Setelah Diterjang Banjir Bandang

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video yang mengklaim bahwa Negara Yunani hanyalah tinggal sebuah nama setelah porak-poranda diterjang banjir bandang merupakan konten yang menyesatkan. Faktanya, judul tersebut berbeda dengan isi dan narasi dalam video.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=======

[SUMBER]:

https://archive.cob.web.id/archive/1695185079.352319/index.html (YouTube)

=======

[NARASI]: “Kiamat… YUNANI TINGGAL NAMANYA,BANJIR BANDANG PALING DAHSYAT TERJANG KOTA”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube CCTV BENCANA (https://www.youtube.com/@bencanaalam294) pada 10 September 2023 mengunggah video dengan judul yang mengklaim bahwa saat ini Negara Yunani hanyalah tinggal sebuah nama. Hal itu disebabkan karena banjir bandang paling dahsyat telah menerjang dan memorakporandakan Yunani.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya judul tersebut berbeda dengan isi dan narasi dalam video.

Pada kenyataannya, video tersebut berisi mengenai kabar hujan badai yang memicu banjir di Turki tanpa menjelaskan berita banjir di Yunani seperti yang tertulis pada judul unggahan. Diketahui bahwa empat orang hilang setelah banjir bandang menghantam lokasi perkemahan di Provinsi Kirklareli, dekat perbatasan Turki dengan Bulgaria. Sementara itu di Istanbul, kota terbesar di Turki, hujan deras membanjiri jalanan dan rumah-rumah di dua lingkungan, menyebabkan sedikitnya dua orang tewas.

Sumber: Liputan 6

Selain itu, diketahui pula bahwa di Larissa, wilayah Thessaly Yunani Tengah juga sempat tergenang banjir dengan rekor tertinggi di negara itu pada Kamis, 7 September 2023. Rekor curah hujan ini menyebabkan setidaknya tiga kematian di dekat pusat Kota Volos dan Karditsa, sementara tiga orang lainnya dilaporkan hilang.

Sumber: Liputan 6

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube CCTV BENCANA merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://www.liputan6.com/global/read/5390021/7-orang-tewas-akibat-banjir-di-yunani-turki-dan-bulgaria?page=2
https://www.liputan6.com/photo/read/5391801/potret-beberapa-wilayah-di-yunani-tengah-pasca-terjangan-badai-dan-banjir?page=2