[SALAH] Wasit Hentikan Pertandingan karena Kasihan dengan Timnas China Taipei

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Cuplikan pada video tidak menampilkan wasit Shukri Hussain A Alhunfush yang memimpin pertandingan Indonesia dan Taiwan. Konten itu mencatut video wawancara wasit Piala Dunia 2022 Abdulrahman Al-Jassim yang diunggah di kanal YouTube The AFC Hub pada 21 Oktober 2022.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1694601306.085473/index.html (TikTok)

=====

[NARASI]: “WASIT MENGHENTIKAN LAGA KARENA TIDAK INGIN CHINA TAIPEI LEBIH DIPERMALUKAN”

=====

[PENJELASAN]:

Akun TikTok ratuneme mengunggah video dengan klaim wasit sengaja menghentikan pertandingan sepakbola antara Timnas Indonesia melawan China Taipei atau Taiwan karena kasihan dan tidak ingin Taiwan lebih dipermalukan. Laga tersebut dihentikan tanpa tambahan waktu atau injury time karena wasit tidak tega melihat tim Taiwan telah kebobolan sembilan gol tanpa balas.

Sebelumnya Indonesia menjalani pertandingan pada ajang kualifikasi Piala Asia U-23 2024 melawan Taiwan di Stadion Manahan Solo. Pada pertandingan tersebut Indonesia berhasil menang telak dengan skor 9-0.

Pada video yang beredar, terdapat cuplikan wawancara dengan wasit yang diklaim memimpin pertandingan Timnas Indonesia melawan Taiwan. Namun setelah ditelusuri, wasit yang memimpin pertandingan Indonesia melawan Taiwan pada 9 September 2023 adalah Shukri Hussain A Alhunfush dari Arab Saudi. Namun, cuplikan video itu menampilkan Abdulrahman Al-Jassim, wasit asal Qatar, yang terlibat dalam Piala Dunia 2022. Klip asli diunggah di kanal YouTube The AFC Hub pada 21 Oktober 2022.

Cuplikan asli menampilkan wawancara Al-Jassim. Wawancara itu berisi perkenalan diri, tanggapannya soal menjadi wasit Piala Dunia 2022, dan harapan yang ingin ia capai. Cuplikan tersebut dicatut untuk membuat narasi menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:

– https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/09/11/142900782/-hoaks-kasihan-tim-taiwan-u-23-dibantai-indonesia-9-0-wasit-hentikan?page=all
– https://www.youtube.com/watch?v=lYIsTIN71DA&list=PLPkuWEMcRg4EGokpuiDSJAr-Nv6PlR2zE&ab_channel=TheAFCHub