[SALAH] Pelatih China Taipei Laporkan Pemain Timnas Indonesia Usai Dibantai 9-0

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Informasi menyesatkan. Tidak ada informasi kredibel yang menyebut pelatih Timnas China Taipei melaporkan pemain Timnas Indonesia.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1694601931.230857/index.html (TikTok)

=====

[NARASI]: “BUNTUT PANJANG KEKALAHAN!! Pelatih China Taipei Lapor Marselino Bukan WNI Usai Dibantai Timnas 9-0”

=====

[PENJELASAN]:

Akun TikTok ijolgokiel mengunggah video dengan klaim Timnas China Taipei atau Taiwan melaporkan salah satu pemain Timnas Indonesia usai dibantai 9-0 pada pertandingan kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Pada video yang diunggah tersebut, pelatih Taiwan menyebut Marselino Ferdinan bukan WNI.

Video yang sama ditemukan pada kanal Youtube LIGA WAKANDA dengan judul “BUNTUT PANJANG KEKALAHAN!! Pelatih China Taipei Lapor Marselino Bukan WNI Usai Dibantai Timnas 9-0″.

Namun setelah ditelusuri, informasi yang disampaikan pada kedua video tersebut tidak benar. Marselino Ferdinan adalah pemain sepakbola profesional berwarga negara Indonesia. Saat ini Marselino bermain pada kasta kedua Liga Belgia bersama klub KMSK Deinze.

Selain itu, tidak ditemukan berita dari media yang kredibel mengenai pelaporan yang dilakukan oleh Taiwan. Dikutip dari TvOne News, pelatih Timnas Taiwan Tseng Tai-Lin justru berharap bisa memiliki skuad seperti Timnas Indonesia U-23 yang berhasil mengalahkan timnya dengan skor telak pada 9 September 2023 lalu di Stadion Manahan Solo.

Tseng menganggap ini menjadi pengalaman yang berharga dan akan dijadikannya pelajaran untuk mengevaluasi kekurangan yang dimiliki timnya dan membentuk tim yang lebih baik ke depan.

=====

[REFERENSI]:

– https://www.youtube.com/watch?v=Vzr-Sx4WB3A&ab_channel=LIGANYAWAKANDA
– https://www.tvonenews.com/bola/timnas/151547-dikalahkan-9-0-pelatih-chinese-taipei-ingin-memiliki-pemain-seperti-timnas-indonesia-u-23?page=all
– https://yoursay.suara.com/hobi/2023/09/15/133301/kmsk-deinze-puji-peforma-marselino-ferdinan-tak-sabar-menantinya-kembali
– https://id.wikipedia.org/wiki/Marselino_Ferdinan