[SALAH] Panggung Deklarasi Ganjar Pranowo Hangus Terbakar

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Narasi dalam video tidak berkaitan dengan peristiwa terbakarnya panggung deklarasi Ganjar Pranowo. Selain itu, gambar pratinjau video tersebut juga dapat dipastikan merupakan hasil manipulasi.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1694771281.010523/index.html (Youtube)

=====

[NARASI]: “Mengenaskan !! Saat deklarasi Ganjar detik ini panggungnya hangus terbakar hingga begini”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube GARUDA POLITIK mengunggah video dengan klaim panggung deklarasi Ganjar Pranowo hangus terbakar. Klaim ini didukung dengan gambar pratinjau yang menampilkan foto panggung besar yang dilalap api. Pada gambar pratinjau juga dituliskan bahwa jutaan relawan Anies Baswedan bergemuruh saat menyaksikan kejadian tersebut.

Setelah ditelusuri, gambar pratinjau video tersebut merupakan hasil manipulasi. Gambar aslinya dapat ditemukan pada akun Instagram envision_ind yang diunggah pada 8 Juli 2022.

Narasi yang dibacakan pada video juga tidak berkaitan dengan klaim video. Narator hanya membacakan ulang artikel yang diunggah Tribun Sumsel dengan judul “Tak Ada Erick Thohir dan Ridwan Kamil, Inilah 4 Nama Kandidat Cawapres Ganjar Pranowo Kata Mardiono.”

Dalam artikel tersebut Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Mardiono mengungkap 4 nama kandidat kuat cawapres Ganjar Pranowo. Empat nama tersebut diungkap Mardiono setelah Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar menggelar rapat besar bersama para ketua umum partai politik (parpol) koalisi.

Dari empat nama tersebut, Mardiono ungkapkan tak ada Erick Thohir dan Ridwan Kamil yang sebelumnya disebut masuk radar bursa cawapres Ganjar. Ia menyebutkan Sandiaga Salahuddin Uno, Mahfud MD, Andika Perkasa, dan Tuan Guru Bajang, yang masuk dalam kandidat bakal cawapres Ganjar.

Namun hingga saat ini PDIP dan partai koalisi yang mendukung Ganjar belum mendeklarasikan pasangan untuk Ganjar.

=====

[REFERENSI]: