[SALAH] Scan Sticker Barcode di Toll Dapat Saldo E-Toll 500 Ribu Rupiah

Informasi palsu. Pihak Jasamarga melalui akun media sosialnya menegaskan bahwa sticker tersebut bukan dari pihaknya dan merupakan modus penipuan dari orang tidak bertanggung jawab.

======

[KATEGORI]: KONTEN PALSU

======

[SUMBER]: WHATSAPP

======

[NARASI]:

“Nemu sticker ini di toll apa bener discan dpet 500rb ?”

======

[PENJELASAN]:

Beredar sebuah sticker berisikan barcode yang tersebar di beberapa pintu toll. Pada sticker tersebut terdapat ajakan untuk melalukan scan terhadap barcode dan akan mendapatkan E-toll senilai 500 ribu rupiah.

Berdasarkan penelusuran, pihak Jasamarga selaku pengelola jalan toll melalui akun media sosialnya menegaskan bahwa sticker tersebut adalah palsu dan merupakan upaya tindakan penipuan.

“Belum lama ini telah terjadi upaya tindakan penipuan oleh oknum pengguna jalan yang tidak bertanggung jawab, dengan cara menempelkan barcode untuk di scan pada reader mesin GTO di ruas jalan tol yang dioperasikan oleh PT Jasamarga Tollroad Operator. Barcode tersebut ditemukan oleh petugas Operasional Customer Service kami dilapangan, dan langsung melaporkan kejadian tersebut kepada Manager Area untuk ditindaklanjuti”, tulis akun Instagram jasamargatollroadoperator.

Berdasarkan tindak lanjut laporan dari Area, pihak management PT Jasamarga Tollroad Operator menegaskan bahwa hal tersebut merupakan upaya tindakan yang tidak bertanggungjawab.

Hasil pengecekan (dengan teknik safety browse), barcode tersebut berisi tautan https://quods[dot]id/formpage/1854 yang mengarahkan pada form online Pengisian data pribadi dan diduga kuat hal ini adalah modus penipuan, scam, phishing atau pencurian data pribadi.

======

REFERENSI:

https://www.instagram.com/p/CxIlLcSSngM/?utm_source=ig_embed&ig_rid=3a141e5f-0109-4b1e-a202-f9db75257248

https://www.antaranews.com/berita/3729483/waspada-penipuan-stiker-barcode-pada-gardu-tol-otomatis