[SALAH] Rocky Gerung Beri Kritik Pedas ke Lilly Wenda

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video yang mengklaim bahwa Rocky Gerung memberikan kritik pedas kepada Lilly Wenda merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, tidak ada pernyataan dan pemberitaan resmi terkait klaim seperti yang disebutkan pada unggahan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=======

[SUMBER]:

https://archive.cob.web.id/archive/1695004629.470484/index.html (YouTube)

=======

[NARASI]: “TAK PUNYA HATI! Kritikan Pedas Yang Dilontarkan Rocky Gerung Bikin Lilly Wenda Menangis”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube KEMILAU CHANNEL (https://www.youtube.com/@KeceOfficial6) pada 25 Agustus 2023 mengunggah video yang mengklaim bahwa pengamat politik, Rocky Gerung, mengkritik Lilly Wenda yang merupakan pembawa baki Paskibraka Nasional pada Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka pada 17 Agustus 2023. Dalam video tersebut, narator juga mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo membela Lilly Wenda ketika ia dikritik oleh Rocky Gerung.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya tidak ada satu pun pernyataan dan pemberitaan resmi terkait klaim seperti yang disebutkan pada unggahan.

Berdasarkan hasil penelusuran foto melalui yandex.com, salah satu bagian video klaim yang menampilkan wajah Rocky Gerung nyatanya diambil dari kanal YouTube Indonesia Lawyers Club (https://www.youtube.com/@IndonesiaLawyersClubReborn) yang telah diunggah pada 4 Juni 2023. Dalam video asli tersebut, Rocky Gerung terlihat tengah berdiskusi bersama dengan politisi-politisi Indonesia seperti Prof. Denny Indrayana (Mantan Wamenkum RI), Jusuf Kalla (Wapres ke-10 dan ke-12 RI), dan politisi dari beberapa partai politik Indonesia. Pada kesempatan itu, para politisi tersebut membahas mengenai ucapan langsung yang dilontarkan oleh Presiden Jokowi di Istana Negara beberapa waktu lalu, yakni “Saya tidak akan netral untuk negara ini, saya perlu cawe-cawe”.

Sumber: YouTube Indonesia Lawyers Club

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube KEMILAU CHANNEL merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]: