[SALAH] “Soimah Pancawati berbagi hadiah melalui akun Facebook ๐— ๐—ฎ๐—ฒ ๐—ฆ๐—ผ๐—ถ๐—บ๐—ฎ๐—ต ๐—น๐—ถ๐˜ƒ๐—ฒ.”

Akun palsu. Melalui akun Instagram resminya, Soimah menegaskan bahwa tidak ada give away yang dilakukan pada akun media sosial manapun.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten Tiruan
===========================================

Akun Facebook ๐— ๐—ฎ๐—ฒ ๐—ฆ๐—ผ๐—ถ๐—บ๐—ฎ๐—ต ๐—น๐—ถ๐˜ƒ๐—ฒ. (fb.com/61551062942472) pada 11 September 2023 mengunggah video dngan narasi sebagai berikut:

“saya trasfer 5 juta sekarang juga yang berhasil menemukan angka yang hilang.”

Sumber: archive.ph/fqkeZ (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya akun Facebook โ€œ๐— ๐—ฎ๐—ฒ ๐—ฆ๐—ผ๐—ถ๐—บ๐—ฎ๐—ต ๐—น๐—ถ๐˜ƒ๐—ฒ.โ€ yang mengunggah video dengan narasi giveaway dari Soimah Pancawati dan menggunakan video milik artis Soimah Pancawati merupakan konten tiruan.

Faktanya, akun itu merupakan akun palsu. Melalui akun instagram resmi Soimah menegaskan bahwa tidak ada give away yang dilakukan pada akun media sosial manapun.

Berdasarkan hasil penelusuran, konten seperti ini pernah diperiksa faktanya melalui artikel berjudul [SALAH] โ€œGiveaway Soimah Pancawati melalui akun Facebook Mae Soimah Pancawatiโ€ yang terbit di situs turnbackhoax.id pada 26 juli 2023.

Dilansir dari artikel ini, melalui akun instagram resmi @showimah, dirinya membantah mengadakan give away berupa uang tunai puluhan juta rupiah.

โ€œUntuk teman2 yg budiman sekali jgn pernah percaya, seumur hidup sy gak pernah bikin2 gituan di media manapun, jd kalo ada akun atas nama sy bikin give away, itu jelas palsuuu, karna sy sdh meng informasikan ini, jadi kalo ada apa2 tanggung sendiri resikonya yaโ€ tulis Soimah dalam postingan Instagramnya.

REFERENSI
https://turnbackhoax.id/2023/07/26/salah-giveaway-soimah-pancawati-melalui-akun-facebook-mae-soimah-pancawati/
https://turnbackhoax.id/2023/03/28/salah-giveaway-soimah-pancawati-melalui-akun-mae-soimahh/
https://turnbackhoax.id/2023/05/03/salah-giveaway-soimah-pancawati-melalui-akun-soimah-pancawati/
https://www.instagram.com/p/CJVMGCwrpwC/

About Adi Syafitrah 1627 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo