[SALAH] Seorang Pria Slovenia di Jerman Dipukuli Karena Dikira Membawa Bendera Rusia

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Tidak ada bukti valid yang dapat menunjukkan adegan tersebut dan tidak pernah ada berita yang membahas kejadian tersebut.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/9u6Rd

=====

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“Seorang pria Slovenia di Jerman dipukuli oleh sekelompok pengungsi Ukraina karena membawa bendera Slovenia. Para pengungsi Ukraina mengira dia sedang memegang bendera Rusia”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter bercentang biru dengan nama @dana916 (dana) mengunggah foto seorang pria yang sedang memegang bendera Ukraina, yang juga dilengkapi dengan penjelasan bahwa seorang pria asal Slovenia baru saja dipukuli oleh sekelompok pengungsi Ukraina di Jerman. Cuitan dan foto yang diunggah pada 27 Agustus tersebut telah disukai 82 orang, dibagikan dan dikutip ulang 16 kali, serta telah dilihat 4,478 kali.

Setelah dilakukan penelusuran perihal berita tersebut di Google, tidak ada kanal berita Eropa maupun internasional yang mempublikasikan kejadian tersebut. Justru, salah satu kanal berita terkenal di Eropa bernama Euronews, menyatakan bahwa informasi tersebut adalah berita palsu. Artikel dari Euronews tersebut berjudul “Don’t fall for this doctored Euronews report spread by pro-Kremlin channels”. Pada artikel tersebut tertulis pernyataan sebagai berikut:

“Euronews did not produce or publish a report falsely claiming Ukrainian refugees attacked a man in Germany after mistaking his Slovenian flag for a Russian one”.

Selain itu, berita serupa juga telah dibahas oleh stopfake.org dengan judul “Fake: Ukrainian refugees in Germany beat a man, confusing the Slovenian flag with the Russian one”.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh @dana916 (dana) merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://www.euronews.com/2023/08/29/dont-fall-for-this-doctored-euronews-report-spread-by-pro-kremlin-channels


https://www.stopfake.org/ru/fejk-ukrainskie-bezhentsy-v-germanii-izbili-muzhchinu-pereputav-flag-slovenii-s-rossijskim/