[SALAH] Ponsel Menarik Petir Mendekat

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Jumlah logam yang terkandung dalam ponsel tidak cukup banyak dan tidak cukup kuat untuk meningkatkan risiko tersambar petir.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Twitter
https://archive.vn/mO6u1

=====

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“Hujan deras, angin kencang, dan petir, yuk kita semua berhati-hati untuk tidak menggunakan ponsel di luar ruangan agar tidak menarik petir. #KeepSafe”.

=====

Penjelasan:
Akun Facebook “Robin Febre” menulis status yang menyarankan masyarakat untuk berhati-hati ketika menggunakan ponsel di luar ruangan saat badai, karena dapat menarik petir mendekat. Informasi yang ditulis pada 28 Juli tersebut diunggah di sebuah grup Facebook yang memiliki 36,600 member.

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut menyesatkan. Menurut spesialis penelitian atmosfer Filipina, Marco Ibañez, dalam wawancaranya dengan pihak AFP menyatakan bahwa faktor kunci terjadinya sambaran petir adalah ketinggian dan isolasi suatu benda. Justru benda di darat yang tinggi dan terisolasi memiliki peluang paling tinggi untuk tersambar petir.

Selain itu, melansir dari artikel amta.org yang berjudul “Mobiles, lightning risks and other myth”, tertulis bahwa jumlah logam yang terkandung dalam ponsel tidak cukup banyak dan tidak cukup kuat untuk meningkatkan risiko tersambar petir.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh Robin Febre merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.33R88AL


https://amta.org.au/mobiles-lightning-risks-and-other-myths/