[SALAH] Pesan Berantai “RENCANA BUSUK PEMBUNUHAN MASSAL TEAM DOKTER CHINA DISELUNDUPKAN DI PELABUHAN”

MENYESATKAN, pelintiran berulang. FAKTA: sudah diklarifikasi sebelumnya pada bulan Januari lalu, BUKAN untuk pembunuhan massal tetapi dalam rangka kunjungan pelabuhan (port visit) yang diiizinkan hanya untuk pemeriksaan rutin sederhana.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan.

SUMBER: Pesan berantai WhatsApp, https://archive.ph/zRtEj (arsip cadangan).

NARASI: “JAGA² SAJA,JIKA DOKTER² MAU SUNTIK KITA, KELUARGA KITA ATAU TETANGGA DENGAN ALASAN MAU PENCEGAHAN VAKSIN ATAU ANTI VIRUS,ADA INDIKASI RENCANA BUSUK PEMBUNUHAN MASSAL TEAM DOKTER DR CHINA TIONGKOK DISELUNDUPKAN DIPELABUHAN-PELABUHAN..RAKYAT INDONESIA KUDU BERHATI-HATI JIKA PEMERINTAH MEMBERIKAN KEBIJAKAN2 WAJIB TOLAK MENTAH2 KARENA INI ADA RENCANA PEMBUNUHAN MASSAL UNTUK WARGA PRIBUMI..MEREKA TAU JIKA ANIES SAMPAI NAIK JADI PRESIDEN MAKA PROYEK-PROYEK MEREKA CHINA TIONGKOK AKAN BANGKRUT!!WASPADALAH INI DOKTER-DOKTER PESANAN DR TIONGKOK SENGAJA UNTUK MEMBANTAI RAKYAT INDONESIA SECARA PERLAHAN-LAHAN..DR PIHAK RT..RW ..LURAH..CAMAT..WALIKOTA WAJIB MENOLAKNYA DEMI NYAWA ANAK-ANAK BANGSA..REZIM JOKOWI LICIK MENGHALALKAN BERMACAM CARA UNTUK MEMULUSKAN PROYEK2 OBOR MILIK CHINA TIONGKOK!!. SEJAK ENGKOH JOKO WIE MENGUASAI R1, RS PEMERINTAH SDH MULAI BYK DIISI DOKTER2 CINA, TERUTAMA DI RSCM, ADA KAH KORELASINYA DGN MENDTGKAN LSG DOKTER2 KOMUNIS CINA RRCTOOOLOOONG DI VIRALKAN”.

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “Konten yang Menyesatkan: Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu” [1]

SUMBER membagikan pelintiran berulang yang menimbulkan kesimpulan yang MENYESATKAN, FAKTA: sudah diklarifikasi sebelumnya pada bulan Januari lalu, BUKAN untuk pembunuhan massal tetapi dalam rangka kunjungan pelabuhan (port visit) yang diiizinkan hanya untuk pemeriksaan rutin sederhana.

Verifikasi Video

Artikel klarifikasi yang sebelumnya, turnbackhoax.id pada 3 Jan 2023: “Bukan pembunuhan massal, kehadiran kapal China di Teluk Jakarta dalam rangka port visit atau kunjungan pelabuhan untuk melaksanakan kegiatan pengobatan.” [2]

Salah satu sumber dokumentasi yang meliput peristiwa yang sama dengan yang dibagikan oleh SUMBER dengan konteks yang BENAR, BeritaSatu pada 14 Nov 2022: “#tanjungpriok #BTV #BUniverse Kapal Rumah Sakit Peace Ark China tiba di Indonesia. Ratusan masyarakat antusias datang ke Jakarta International Container Terminal (JICT) Pelabuhan Tanjung Priok untuk mendapat layanan kesehatan gratis. …” [3]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

CNN Indonesia pada 11 Nov 2022: “Kendati demikian, Kemenkes hanya memperbolehkan kapal tersebut melakukan pemeriksaan yang bersifat sederhana. “Jadi mereka diperbolehkan, diiizinkan untuk pemeriksaan rutin sederhana,” kata Budi di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Jumat (11/11). …” [4]

Hasil pencarian Google Videos dan Google News, kata kunci: “kapal rs china peace ark”. [5] [6]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.ph/iCp3w (arsip cadangan).

[2] turnbackhoax.id: “[SALAH] Kedatangan Rombongan Dokter Tiongkok ke Indonesia Untuk Pembunuhan Massal”, https://bit.ly/44yTcNZ / https://archive.ph/Osoga (arsip cadangan).

[3] youtube.com: “Kapal RS China Tiba di Indonesia, Ratusan Warga Antre Layanan Gratis”, https://bit.ly/3ssm5Oz / https://archive.ph/NftYK (arsip cadangan).

[4] cnnindonesia.com: “Menkes Beri Izin Kapal RS China Peace Ark Beri Pengobatan di Indonesia”, https://bit.ly/3sAYCLd / https://archive.ph/t85eO (arsip cadangan).

[5] google.com, https://bit.ly/3OUnLIi / https://archive.ph/1wfA0 (arsip cadangan).

[6] google.com, https://bit.ly/3syX2JY / https://archive.ph/VHuoP (arsip cadangan).