[SALAH] “Jusuf Hamka berbagi hadiah melalui akun Facebook Hj-yusup Hamka”

Akun palsu. Dalam unggahan akun Instagram @jusufhamka yang sudah bercentang biru atau terverifikasi pada 31 Maret 2023, di sana dijelaskan bahwa akun media sosial Jusuf Hamka ada dua yakni @jusufhamka di Instagram dan @mohjusufhamka_official di Tiktok.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten Tiruan
===========================================

Akun Facebook Hj-yusup Hamka (fb.com/100093504880011) pada 30 Agustus 2023 mengunggah sebuah video dengan narasi:

“#fyp_fypfyp #hjyusuphamka #hjberbagirejeki #buatkaliansemua #sampaisaatbelumjugaadayangberhasil”

Sumber: archive.ph/9RvWJ (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya akun Facebook yang mengadakan bagi-bagi hadiah mengatasnamakan H. Mohammad Jusuf Hamka atau juga dikenal dengan nama Babah Alun merupakan konten tiruan.
Faktanya, akun itu merupakan akun palsu. Dalam unggahan akun Instagram @jusufhamka yang sudah bercentang biru atau terverifikasi pada 31 Maret 2023, di sana dijelaskan bahwa akun media sosial Jusuf Hamka ada dua yakni @jusufhamka di Instagram dan @mohjusufhamka_official di Tiktok.
Selain itu, video itu merupakan video ketika Jusuf Hamka sedang menghubungi orang yang ia bantu membayar hutang pada 5 Desember 2022. Di video yang diunggah di akun Instagram resmi milik Jusuf Hamka itu juga Jusuf Hamka menyatakan dia membantu khusus orang-orang yang benar-benar membutuhkan untuk biaya pendidikan.
Dilansir dari Liputan6, postingan yang beredar viral di Facebook mengarahkan masyarakat pada link tertentu. Ini merupakan modus pencurian data ataupun terhubung dengan pinjaman online ilegal. Selain itu sangat berbahaya jika memberikan data pribadi seperti buku tabungan untuk diunggah di media sosial. Pasalnya data pribadi ini rawan digunakan untuk penipuan.

REFERENSI
https://turnbackhoax.id/2023/07/11/salah-giveaway-akun-facebook-jusuf-hamka/
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5339751/cek-fakta-waspada-akun-catut-nama-jusuf-hamka-di-facebook-bagikan-uang-rp-50-juta
https://www.instagram.com/reel/CqcanfbgAXC/

About Adi Syafitrah 1624 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo