[SALAH] Jutaan Ikan Terdampar Di Pantai Santolo Garut

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Video tersebut diambil dari kejadian yang pernah terjadi di Filipina pada tahun 2016, klaim tersebut juga mendapat bantahan langsung dari Sekretaris Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Garut.

===========

[KATEGORI]: Konteks yang salah

==========

[SUMBER]: Youtube https://archive.cob.web.id/archive/1693032058.574024/index.html 

===========

[NARASI]: “Pesta Jutaan Ikan Terdampar Di Pantai Santolo Garut”

===========

[PENJELASAN]: 

Di sosial media beredar video yang membawa sebuah klaim bahwa di Pantai Santolo, Garut, telah terjadi sebuah fenomena dimana banyak ikan yang terdampar di tepian pantai.

Faktanya, berdasarkan penjelasan yang dibagikan melalui akun Instagram resmi milik pemerintah Kabupaten Garut (@garutkab_official) menjelaskan bahwa kejadian yang diunggah di sosial media yang mengatakan jika di Pantai Santolo sedang terjadi fenomena jutaan ikan terdampar adalah informasi yang tidak benar.

Dikutip dari Instagram @garutkab_official, Sekretaris Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Garut, Dyah Savitri, menyatakan bahwa narasi tersebut tidak benar, menurutnya lokasi tersebut bukan di Pantai Santolo.

Kemudian melalui hasil pencarian gambar dengan menggunakan yandex.com, ditemukan jika video asli unggahan tersebut diambil dari kejadian yang dulu pernah terjadi di Zamboanga Del Norte, Filipina, pada tahun 2016.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.instagram.com/p/CwFpznahKlR/

https://fajarfareso.blogspot.com/2016/05/ribuan-ikan-di-pantai-filipina-terdampar.html