[SALAH] Video Laser Berenergi Tinggi Penyebab Kebakaran Hutan di Hawaii 2023

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya video amatir tersebut sudah dipublikasi sejak 2018 yang menunjukkan ledakan dari saluran listrik di Louisiana, tidak ada kaitannya dengan kebakaran hutan di Hawaii akhir-akhir ini. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Twitter

https://ghostarchive.org/archive/68n1P

= = =

Narasi:

“Maui was attacked by directed energy weapons (dews)”

Terjemahan:

“Maui diserang oleh senjata energi terarah (dews)”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah video di Twitter yang menunjukkan sebuah ledakan aliran listrik yang diklaim menjadi penyebab kebakaran di Hawaii akhir-akhir ini. Dalam cuitan tersebut menyebut bahwa kebakaran di Hawaii disebabkan oleh Directed Energy Weapons. Diketahui terjadi kebakaran hutan di Maui, Hawaii, Amerika Serikat pada awal Agustus 2023 yang sudah memakan banyak korban jiwa.

Setelah ditelusuri video tersebut tidak ada kaitannya dengan kebakaran hutan di Maui, Hawaii. Faktanya video tersebut adalah insiden dari ledakan listrik yang terjadi di Louisiana, bukan di Hawaii, pada 2018. Hal tersebut terbukti dengan ditemukannya video serupa dari stasiun TV lokal, WWLTV, pada kanal YouTubenya telah terpublikasi sejak Desember 2018. Dalam keterangannya, kejadian di Kenner, Louisiana, tersebut menyebabkan ribuan rumah warga mati lampu.

Dilansir dari Vice.com, akhir-akhir ini memang beredar teori konspirasi terkait penggunaan Directed Energy Weapons oleh pemerintah Amerika Serikat untuk memicu kebakaran hutan di Maui, Amerika Serikat. Mengutip dari bbc.com, kebakaran di Hawaii bisa disebabkan oleh cuaca kering serta angin topan yang ikut menyulutkan api.

Dengan demikian, video laser berenergi tinggi penyebab kebakaran hutan di Hawaii 2023 adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.hawaiinewsnow.com/2023/08/22/2-weeks-after-flames-tore-through-lahaina-hundreds-remain-unaccounted/

https://www.bbc.com/news/world-us-canada-66470118

https://www.vice.com/en/article/jg5dpb/maui-fire-laser-beam-conspiracy-twitter

===