[SALAH] Traffic Cone Lemas Karena Suhu Panas Semarang

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Penjelasan dari dishub Semarang adalah cone yang jatuh tersebut diakibatkan karena mobil yang menyenggolnya, bukan diakibatkan oleh suhu panas Semarang.

===========

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

==========

[SUMBER]: Twitter https://archive.cob.web.id/archive/1692981944.357805/singlefile.html 

===========

[NARASI]: “Sepanas apa kota kalian? Semarang nih, traffic cone aja sampai mletoy”

===========

[PENJELASAN]: Beredar sebuah unggahan di Tiktok yang memperlihatkan traffic cone yang nampak jatuh mleyot di sebuah jalan di Semarang. Dalam video tersebut juga menambahkan sebuah narasi “Sepanas apa kota kalian? Semarang nih, traffic cone aja sampai mletoy” Unggahan Tiktok tersebut berhasil mendapatkan sebanyak lebih dari 200 ribu likes dan dibagikan sebanyak 11 ribu kali.

Namun setelah ditelusuri, ditemukan sebuah konfirmasi dari Dishub Semarang yang mengklarifikasi kebenaran dari video tersebut. Klarifikasi ini diunggah di detik.com dengan judul artikel “Heboh Semarang Panas Banget Sampai Bikin Traffic Cone Meleyot, Ini Faktanya”

Dalam artikel tersebut Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang, Antonius Hariyanto, menyebutkan jika traffic cone di Jalan Sultan Agung itu memang kerap tertabrak kendaraan hingga rubuh. Pelakunya sering melarikan diri. Dari rekaman CCTV Dishub Kota Semarang kejadian cone rubuh itu terjadi pada hari Senin (21/8) kemarin sekitar pukul 14.00 WIB.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.detik.com/jateng/berita/d-6890476/heboh-semarang-panas-banget-sampai-bikin-traffic-cone-meleyot-ini-faktanya